Gelar PI Menyapa, Pupuk Indonesia Dukung Merauke jadi Lumbung Pangan Nasional

Jumat, 26 Juli 2024 – 13:00 WIB
PT Pupuk Indonesia menggelar program Pupuk Indonesia (PI) Menyapa di Balai Desa Kampung Telaga, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, Kamis (25/7). Foto dok Pupuk Indonesia

jpnn.com, MERAUKE - PT Pupuk Indonesia menggelar program Pupuk Indonesia (PI) Menyapa di Balai Desa Kampung Telaga, Distrik Kurik, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, Kamis (25/7).

Program ini sekaligus menjadi dukungan perusahaan terhadap pertanian di Merauke sebagai lumbung pangan nasional.

BACA JUGA: Pupuk Indonesia Tetap Salurkan Pupuk Bersubsidi Meski Kontrak Belum Diperpanjang

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi menuturkan PI Menyapa di Merauke ini merupakan forum komunikasi dan koordinasi dengan pemangku kepentingan di lapangan.

Acara ini bertujuan untuk mendorong percepatan penebusan pupuk bersubsidi di wilayah ujung Timur Indonesia.

BACA JUGA: 10 Ribu Pelari Bakal Meriahkan Acara Digiland Run 2024, ada Sal Pribadi Hingga Dewa 19

Selain itu juga menjadi upaya Pupuk Indonesia untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga ketahanan pangan nasional maupun regional.

“Pupuk Indonesia menyapa semua orang yang sudah bekerja keras untuk memajukan pertanian Indonesia, para PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan), tim verval (verifikasi dan validasi), kios resmi, distributor, pemerintah, kelompok tani, KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan), dan stakeholder pertanian lainnya. Kita menyapa mereka, mengapresiasi mereka sekaligus melakukan kegiatan tebus bersama,” ujar Rahmad Pribadi.

BACA JUGA: Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Pupuk Indonesia Grup Resmikan Gudang Curah Urea Berkapasitas 20 Ribu Ton

Adapun upaya Pupuk Indonesia untuk mendorong percepatan penebusan pupuk bersubsidi dilakukan melalui program tebus bersama.

Fasilitas ini mempermudah petani dalam penebusan pupuk bersubsidi, karena tidak perlu lagi datang ke kios.

Cukup datang di satu tempat, contohnya di Balai Desa Kampung Telaga Sari, petani sudah bisa menebus pupuk bersubsidi menggunakan kartu tani atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Dalam kunjungannya di Merauke, Rahmad Pribadi juga memastikan kesiapan pupuk bersubsidi dengan mengunjungi sejumlah kios, gudang dan petani.

Mengingat wilayah ini merupakan wilayah penting untuk ketahanan pangan nasional.

Adapun per 20 Juli 2024, Pupuk Indonesia telah menyiapkan stok pupuk bersubsidi sebanyak 5.890 ton untuk seluruh Papua, dan sebanyak 3.530 ton stok di antaranya berada di Gudang Lini III Merauke.

Rinciannya, 1.955 ton pupuk Urea dan 1.575 ton pupuk NPK Phonska untuk petani Merauke. Semua stok tersebut melebihi ketentuan minimum yang diatur oleh Pemerintah.

“Saya telah mengunjungi gudang di Tanah Miring. Gudang ini merupakan gudang paling Timur yang dimiliki Pupuk Indonesia. Saya tidak ada kekhawatiran di Merauke, saya kira Bu Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Merauke (Yosefa Loise Rumaseu, Red) sepakat Merauke bisa menjadi lumbung pangan baik regional maupun nasional,” seru Rahmad.

Alokasi pupuk bersubsidi Urea di Merauke saat ini mencapai 8.730 ton, atau 72,4 persen lebih banyak dibandingkan alokasi di awal 2024, yaitu 5.065 ton.

Kemudian alokasi NPK terbaru sebanyak 14.322 ton atau ditambah 125,3 persen dari alokasi semua sebesar 6.360 ton.

Untuk menjamin kelancaran penyaluran pupuk bersubsidi di Merauke, Pupuk Indonesia juga menyiapkan fasilitas penunjang.

Antara lain tiga unit gudang Lini III dengan kapasitas total 6.000 ton. Kemudian dua Distributor, 55 Kios serta sebanyak tiga Petugas Lapang yang akan memastikan penyaluran pupuk bersubsidi di tingkat distributor dan kios dapat berjalan dengan baik.

Dari hasil tinjau lapangan, wilayah Merauke memiliki tanah pertanian cukup baik, subur dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

“Pertanian di sini juga telah dikunjungi Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo beberapa waktu lalu. Merauke ini unik, saat harga beras dimana-mana naik, disini selalu lebih murah. Nah ini penting untuk ketahanan pangan nasional,” katanya.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... SIG Raih Penghargaan The Most Extraordinary Women Business Leaders 2024


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler