Gelar RUPST, Arwana Citramulia Bagikan Dividen Rp217 Miliar

Senin, 08 Maret 2021 – 23:11 WIB
PT Arwana Citramulia Tbk menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2020. Foto dok Arwana Citramulia

jpnn.com, BANTEN - PT Arwana Citramulia Tbk yang bergerak dalam bidang industri keramik menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2020.

RUPST diselenggarakan di pabrik Plant II, Serang, Banten dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang sangat ketat.

BACA JUGA: Akhiri Hubungan dengan Felicia, Kaesang Pangarep: Aku Dimaki-maki

Chief Financial Officer Rudy Sujanto menjelaskan pada tahun buku 2020, PT Arwana Citramulia Tbk membukukan laba bersih Rp323,01 miliar dari hasil penjualan yang mencapai Rp2,21 triliun.

"Pencapaian laba bersih sangat menggembirakan, naik hingga 49,87 persen year-on-year, sementara penjualan naik 2,79  persen year-on-year," ujar Rudy.

BACA JUGA: Grosmimi Indonesia Bagikan Paket Sembako ke Panti Asuhan

Rudy menuturkan hasil laba bersih ini bisa dicapai berkat margin yang meningkat dari 10,02 persen menjadi 14,6 persen, ditopang oleh pemakaian bahan baku dan energi yang lebih efisien.

Kemudian strategi product mix yang mampu memperbaiki harga jual rata-rata, peningkatan jumlah pelanggan, serta kebijakan penurunan harga gas bagi industri keramik dari pemerintah.

BACA JUGA: Dicap Sebagai Pelakor Senior, Mayangsari Menanggapi Begini

Per unit produksinya, pemakaian glaze tercatat turun 3,34 persen, pemakaian gas turun 6,45 persen. Sementara jumlah pelanggan pada tahun 2020 naik 10,84 persen dibandingkan pada 2019.

Pada tahun buku 2020 juga, PT Arwana Citramulia Tbk mencatatkan rekor volume penjualan bulanan tertinggi sepanjang sejarah perusahaan, yaitu pada Oktober dengan hasil 5,56 juta meter persegi. Rekor-rekor penjualan bulanan lain juga mampu dicatat pada tahun itu.

"Hasil-hasil tersebut sangat menggembirakan, karena justru bisa dicatat pada masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan di mana tingkat utilisasi industri keramik hanya mencapai 56 persen dari kapasitas produksi," serunya.

Adapun dividen tunai Rp30,00 per lembar saham akan dibagikan dengan total nilai mencapai Rp217,67 miliar, atau sekitar 67 persen dari total laba bersih yang diraih.

"Hasil RUPS kali ini yang signifikan adalah sudah diputuskan tadi kami akan membayarkan dividen tunai Rp30,00 per lembar saham kepada para pemegang saham," jelas dia.

Pada tahun buku 2020, Forbes Asia memasukkan PT Arwana Citramulia Tbk ke dalam daftar '200 Best Under A Billion Asia' untuk ketiga kalinya.

"Harapan saya selanjutnya kami bisa mencapai target pertumbuhan volume sales 10 persen, net sales Rp2,49 T, dan laba bersih Rp422 M atau bertumbuh 30,6 persen dari tahun lalu," harap dia.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pegadaian Perpanjang Program Gadai Tanpa Bunga, Ini Syarat dan Caranya


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler