Gelar Sicita 2022, PDIP Ingin Tunjukkan Politik Tak Melulu soal Pertemuan Elite

Jumat, 20 Mei 2022 – 12:39 WIB
PDI Perjuangan menggelar Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/5). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) 2022 di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (20/5), bertujuan menggelorakan semangat semangat cinta tanah air.

"Bagaimana Pancasila dipahami dengan seluruh dedikasi yang memerlukan adanya syarat penting yaitu kesehatan jiwa dan raga," kata Hasto kepada awak media di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat.

BACA JUGA: PDIP Gelar Acara, Kemudian Pecahkan Rekor MURI

Diketahui, 3 ribu peserta hadir secara langsung dalam Sicita 2022. Kader PDIP lain turut mengikuti Sicita 2022 melalui daring, karena acara tersebut disiarkan di YouTube.

Kegiatan itu pun memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) karena menjadi acara senam dengan peserta terbanyak.

BACA JUGA: Deddy PDIP Anggap Erick Thohir Masih Beretika, Anies Justru yang Bermasalah

Hasto mengatakan bahwa Sicita 2022 juga dirancang menggelorakan dedikasi bagi bangsa. Sebab, kegiatan di Lapangan Banteng itu memutar lagu nasional dari almarhum Gombloh. 

"Diharapkan dengan senam Sicita ini menyehatkan seluruh masyakat Indonesia melalui gerak dan juga sekaligus mencintai kebudayaan nusantara," beber Hasto.

BACA JUGA: Elite PDIP Sebut Orang Dekat Jokowi Ini Layak Gantikan Anies Jadi Gubernur DKI

Saat pers bertanya soal adanya senam membuat PDIP optimistis tiga kali menang pemilu, Hasto tidak menjawab secara jelas.

Dia hanya menyebut PDIP sebenarnya sudah banyak melakukan berbagai hal demi meraih hati masyarakat Indonesia.

"Senam bukan satu-satunya instrumen, tetapi senam ini menunjukkan perspektif politik itu luas, perspektif politik itu terkait dengan penghijauan, terkait dengan pembersihan sampah, terkait dengan sanitasi lingkungan yang bersih, itu politik yang dijabarkan PDI Perjuangan, bukan pertemuan-pertemuan elite," ungkap Hasto.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua DPP PDIP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga mengatakan kegiatan Sicita 2022 diselenggarakan bersamaan di 534 kota/kabupaten dan 34 provinsi yang diikuti minimal 125 ribu orang.

"Senam Sicita ini dikampanyekan lebih dari tiga bulan dan hampir di seluruh Indonesia sudah memahami mengenai senam Sicita dan kami menginformasikan dan membagikan gerakan senam ini melalui sosial media juga," jelas Eriko.

Dia mengatakan dalam kegiatan ini juga diadakan perlombaan senam Sicita yang diikuti oleh tiga kategori. Pertama oleh kader sendiri yang diikuti oleh 380 peserta.

Selanjutnya, kategori umum sekitar 180 peserta dan juga pelajar yang diikuti 172 peserta.

"Kami mengharapkan melalui kegiatan PDI Perjuangan ini di momentum Hari Kebangkitan Nasional ini, mari bangkitkan lagi semangat berolahraga," ucap Eriko. (ast/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengamat Sebut Ganjar Pranowo Akan Terus Bersama PDIP, Begini Alasannya


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler