Gembong Teroris Santoso Disebut-sebut Terkait ISIS

Senin, 04 Agustus 2014 – 11:26 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Nama buronan teroris nomor wahid Indonesia, Santoso kembali muncul di permukaan. Gembong teroris yang disebut-sebut pimpinan jaringan teroris di Indonesia timur itu kini disebut-sebut terkait dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

Kapolri Jenderal Sutarman menyebut bahwa orang yang menyerukan masyarakat Indonesia bergabung di ISIS, merupakan buronan teroris yang terkait dengan kelompok Santoso.

BACA JUGA: Polisi Identifikasi Ada 56 Warga Indonesia Bergabung ISIS

"Ada kaitannya dengan kelompok Santoso. Ada juga kaitannya dengan kelompok timur," ungkap Sutarman kepada wartawan usai Halal Bihalal di Mabes Polri, Senin (4/8).

Sejumlah jaringan atau anak buah Santoso memang sudah berhasil diringkus Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri.

BACA JUGA: Kapolri: Penyeru ISIS Anggota Kelompok Teroris

Namun, keberadaan Santoso masih misterius. Tersangka teroris yang terkenal licin ini sempat terdeteksi di Poso, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.

Namun, ketika terjadi baku tembak antara Polri dan kelompok teroris di Poso beberapa waktu lalu, Santoso dikabarkan berhasil lolos. Kini, keberadaannya masih belum diketahui. Polri pun masih terus memburunya.

BACA JUGA: Panglima TNI Anggap ISIS Berpotensi Makar

Sementara itu, Kapolri memastikan sudah mengetahui gerakan dan kegiatan ISIS di Indonesia. Termasuk upaya untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk bergabung dan berjuang di Syria bersama ISIS.

Yang jelas, kini tokoh ISIS itu sudah teridentifikasi berinisial B yang merupakan salah satu buronan Polri.

"Yang jelas dia adalah kelompok terorisme dan selama ini menjadi DPO (Daftar Pencarian Orang) kita," pungkasnya. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pilpres Usai, Polri Malah Buat Proyek Alkomsus Capres-Cawapres


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler