Gempa Bumi M 5,8  di Enggano Bengkulu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Rabu, 10 Juli 2024 – 23:22 WIB
Peta pusat gempa yang terletak di laut pada kedalaman 10 kilometer dengan koordinat 5.33 LS, 100.96 BT atau berjarak 145 kilometer dari arah Barat Laut Enggano, Bengkulu, Rabu (10/7/2024) pukul 22.32 WIB. (ANTARA/HO-BMKG)

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa gempa bumi 5,8 magnitudo terjadi di Bengkulu, Rabu (10/7) pukul 22.32 WIB.

BMKG memastikan gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

BACA JUGA: Dampak Gempa Guncang Pantura Jateng, Puluhan Bangunan Rusak, Belasan Warga Luka-Luka

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta melaporkan bahwa pusat gempa tersebut terletak di laut pada kedalaman 10 kilometer, dengan koordinat 5.33 LS, 100.96 BT atau berjarak 145 kilometer dari arah Barat Laut Enggano, Bengkulu.

Getaran gempa dirasakan di Bengkulu, dan Kabupaten Seluma, Bengkulu, yang berjarak 227 kilometer dari pusat gempa berdasarkan analisis sementara seismologis BMKG.

BACA JUGA: Gempa M 4,4 Guncang Pantura Jateng, Begini Dampaknya

Namun, masyarakat diimbau waspada seraya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisis peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisis tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (antara/jpnn)

BACA JUGA: Lagi Asyik Mandi di Kali, 2 Bocah Bikin Gempar Warga


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler