Gempuran Garuda Bekuk Singa

Indonesia Pimpin Grup B AFF Cup

Rabu, 28 November 2012 – 19:15 WIB
Pemain Timas selebrasi. Foto: dok.Angger/Jawa Pos
KUALA LUMPUR -- Timnas Indonesia membuka peluang lolos ke Semifinal setelah di matchday 2 grup B AFF Cup 2012, berhasil mengatasi perlawanan Singapura dengan skor tipis 1-0. Tim yang berhasil menggulung Malaysia 3-0 itu harus mengakui gagahnya Tim Garuda.

Andik Vermansyah yang menciptakan satu-satu gol di pertandingan ini. Pemain berusia 21 tahun itu menciptakan gol lewat tendangan bebas di menit-menit akhir babak kedua.

Dengan hasil ini, Indonesia untuk sementara memimpin grup B dengan nilai 4, hasil sekali menang dan sekali seri. Untuk lolos, Indonesia minimal menahan imbang tuan rumah Malaysia di pertandingan terakhir, 1 Desember mendatang.

Kemenangan ini sekaligus mengubah cacatan lama, dimana dalam enam kali pertandingan lawan Singapura di ajang Piala AFF, tak pernah sekali pun Timnas Indonesia meraih kemenangan. Empat kali kalah, dua kali draw.

Seperti diprediksi sebelumnya, pertandingan Timnas Indonesia vs Singapura berjalan cukup ketat. Hingga babak pertama usai, kedudukan masih imbang 0-0.

Bermain di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur Malaysia, Rabu (28/11), laga berlangsung sengit. Wasit Ali Hasan sembilan kali merogoh kantongnya, mengeluarkan kartu kuning. Dua diantaranya untuk pemain Singapura, Irwansyah, yang lantas diusir dari lapangan karena dihadiahi kartu merah.

Babak kedua, Nil Maizar mencoba menaikkan tempo dengan memasukan Andik Vermansyah. Pemain Persebaya Surabaya itu menggantikan kapten kesebelasan Elie Aiboy. Laga babak kedua, nyaris, permainan dikuasai Irfan Bachdim dkk.

Di lini depan, Bambang Pamungkas dipasang, menggantikan Rahmat. Hasilnya cukup positif. Andik yang mengisi posisi sayap kanan dengan cepat langsung beradaptasi dengan pemain-pemain lainnya.

Akselerasi Andik berbuah kartu merah buat lawan. Menit ke-66 Singapura harus bermain dengan 10 orang karena bek kiri tim negeri tetangga itu, Irwansyah, mendapat kartu merah. Timnas Indonesia unggul jumlah pemain.

Garuda akhirnya memecah kebuntuan. Andik Vermansyah berhasil menciptakan gol lewat tendangan bebas di menit ke-88. Tendangan lambungnya tak terjangkau Izwan Mahmud, kiper Singapura. Stadion Bukit Jalil bergemuruh suara suporter Merah-Putih. (abu/sam/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Nil Turunkan Formasi 4-5-1

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler