Genjot Kinerja, Bank BJB Gandeng PT KPBN

Kamis, 23 Mei 2019 – 20:33 WIB
Bank BJB. ILUSTRASI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) menjalin kerja sama dengan PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) melalui penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) terkait fasilitas kredit dan security sharing agreement (SSA).

Perjanjian kerja sama tersebut ditandatangani langsung oleh Senior Executive Vice President (SVP) Komersial dan UMKM Bank BJB Beny Riswandi Direktur Utama KPBNEdward Samantha, Kamis (17/5).

BACA JUGA: Bank BJB Raih Indonesia Human Capital Award 2019

PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara sebagai anak perusahaan dari BUMN Perkebunan PTPN I-XIV yang mendapatkan mandat menjadi agen penjualan dan pemasaran komoditas perkebunan, khususnya minyak sawit, karet, gula, tetes, teh, kopi, dan kakao.

BACA JUGA: Bank BJB Raih Indonesia Human Capital Award 2019

BACA JUGA: Kredit Guna Bhakti Bank BJB Bantu ASN Persiapkan Masa Depan

Adapun area perkebunan berada di bawah naungan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) tersebar di kepulauan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Papua.

Lini bisnis PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara terdiri dari penjualan melalui E-tender, auction, bid-offer, long term contract (LTC), trading komoditas, logistik, dan produk ritel.

BACA JUGA: Genjot Pendapatan Daerah, Pemkab dan Pemkot di Banten Gandeng Bank BJB

PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara saat ini memberikan kontribusi yang cukup signifikan bagi negara dengan melakukan kegiatan perdagangan komoditas perkebunan sebesar 10 persen untuk sawit nasional, 8 persen karet nasional, dan 60 persen teh nasional.

Bank BJB berharap kerja sama dengan KPBN dapat membuka gerbang bisnis dengan PTPN Holding lainnya, kerja sama kali ini dengan membuka skim kredit untuk membiayai trading komoditas.

"Melalui kerja sama ini, Bank BJB mendapatkan potensi untuk masuk ke usaha yang sejenis baik pemerintah maupun swasta, membuka peluang bisnis

untuk Bank BJB yang lebih besar lagi baik dari sisi consumer, dana pihak ketiga dan layanan cash management system," kata Beny.

Kerja sama itu akan menjadi payung kerjasama yang saling menguntungkan antara Bank BJB dengan PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara.

Kerja sama itu diharapkan dapat lebih memperluas dan meningkatkan keuntungan dan kemajuan antara kedua belah pihak.

Pada triwulan I 2019, Bank Bjb berhasil mencatatkan penyaluran kredit komersial sebesar Rp 11 triliun.

Angka itu setara 14,64 persen dari total penyaluran kredit Bank BJB pada triwulan I 2019 sebesar Rp 75,41 triliun. (adv/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Laba Bersih Bank BJB Rp 1,53 Triliun, Total Aset Rp 120,2 Triliun


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Bank BJB  

Terpopuler