Genjot Mutu, Sejuta PNS Dilatih

Senin, 19 Maret 2012 – 18:34 WIB

JAKARTA--Badan Diklat di semua Kementerian/Lembaga dan seluruh provinsi serta Lembaga Administrasi Negara (LAN), akan dikumpulkan dalam waktu dekat ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Azwar Abubakar, pertemuan ini untuk mengkoordinasikan rencana pemerintah dalam merealisasikan pendidikan dan latihan bagi satu juta PNS.

"Pendidikan dan latihan bagi satu juta PNS ini sebagai upaya peningkatan kompetensi. Sebab banyak PNS yang kompetensinya sangat rendah. Mereka tahu sedikit, sedikit-sedikit tahu, dan bekerja kalau diperintah," kata Azwar dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (19/3).

Para pegawai dimaksud, lanjutnya, umumnya tenaga staf yang proses rekruitmennya kurang bagus, bahkan tidak sedikit yang ditengarai berbau KKN. Terhadap  PNS tersebut, perlu dilakukan peningkatan kompetensinya, terlebih dalam kaitannya dengan rencana penghapusan eselon III dan IV, yang akan digantikan dengan penambahan jabatan fungsional.

"Untuk merealisasikan diklat tersebut, saya sudah memerintahkan LAN untuk menghitung kapasitas diklat yang dimiliki LAN sendiri, dan kemampuan lembaga diklat yang ada di seluruh tanah air," ucapnya.

Dia memperkirakan seluruh balai diklat mampu melaksanakan diklat PNS antara 500 ribu sampai 600 ribu per tahun. Untuk itu, pendidikan sejuta PNS tersebut diharapkan dapat diselesaikan dalam dua tahun. "Kita upayakan target satu juta PNS yang memiliki kompetensi bisa tercapai 2014," tandasnya. (esy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bantah Rp300 Juta untuk Rektor Peredam Demo BBM


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler