Gerak Cepat Lawan Saudi

Rabu, 20 Maret 2013 – 05:07 WIB
Pemain Timnas latihan. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos
JAKARTA - Laga melawan Arab Saudi dalam kualifikasi Piala Asia semakin dekat. Kemarin pelatih timnas Rahmad Darmawan mengumumkan 28 nama yang dipersiapkan untuk menjamu Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 23 Maret mendatang.

"Itu belum final. Pengerucutan akhir sampai hanya 23 nama kami lakukan pada technical meeting," kata Rahmad kemarin (19/3).

Technical meeting dilakukan sehari sebelum pertandingan. Itu berarti Rahmad masih punya waktu beberapa hari untuk menentukan komposisi final timnas.

Mengapa tidak langsung dikerucutkan? Rahmad memiliki beberapa pertimbangan. Di antaranya, proses administrasi pemain yang belum selesai dan kondisi kebugaran pemain.

Karena itu, sempat muncul pertanyaan ketika nama Diego Michiels dan Stefano Lilipaly tidak masuk daftar 28 pemain yang dipilih. Padahal, dua pemain naturalisasi tersebut dinilai memiliki teknik tinggi.

Diego dicoret gara-gara kondisi kebugarannya belum maksimal karena lama mendekam di tahanan terkait dengan kasus penganiayaan.

Sementara itu, Stefano tidak dipilih karena bermasalah dalam kelengkapan administrasi pendaftaran. AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) meminta dokumen akta lahir yang menerangkan bahwa orang tua Stefano keturunan Indonesia.

"Dia (Stefano, Red) cukup bagus. Kalau lengkap dokumennya, dia menggantikan pemain lain bisa saja," tutur Rahmad.

Pencoretan lima pemain disesuaikan dengan kebutuhan tim. Rahmad ingin melihat terlebih dahulu potensi pemain dengan skema yang dia usung. "Kami seleksi mengedepankan kebutuhan tim. Waktunya tidak ideal. Tapi, kami dituntut untuk mendapat pemain yang tepat," tutur pelatih Arema Cronous itu.

Rahmad akan dibantu oleh Jacksen F. Tiago sebagai asisten. Pelatih Persipura Jayapura tersebut bergabung dengan timnas kemarin. Jacksen menegaskan siap membantu Rahmad. "Saya akan berikan yang terbaik. 19 tahun saya hidup di Indonesia. Saya bangga bisa membantu timnas Indonesia," tutur pria asal Brasil itu.

Kemarin timnas hanya melakoni satu kali sesi latihan pada pagi dan sore istirahat. Mulai hari ini skuad Garuda menjalani program latihan penuh yang berfokus kepada taktik dan strategi bermain tim.

Di sisi lain, 30 pemain yang dicoret langsung kembali ke klub masing-masing. Mereka tidak mempermasalahkan pencoretan tersebut. "Itu pemain lebih baik daripada saya. Itu tidak masalah, yang terpenting timnas bersatu," ucap Ferdinand Sinaga, penyerang Persisam Samarinda. (aam/c4/ca)

 Daftar Skuad Timnas:
 Kiper
 Kurnia Meiga
 I Made Wirawan
 Samsidar
 Belakang
 Hamka Hamzah
 M. Roby
 Victor Igbonefo
 Abdul Rahman
 Zulkifli Syukur
 Ricardo Salampessy
 Supardi
 Ruben Sanadi
 Toni Sucipto
 Tengah
 Immanuel Wanggai
 Ponaryo Astaman
 Ahmad Bustomi
 Raphael Maitimo
 M. Taufiq
 M. Ridwan
 Andik Vermansah
 Firman Utina
 Depan
 Greg Nwokolo
 Boaz Solossa
 Ferinando Pahabol
 Irfan Bachdim
 Zulham Zamrun
 Ian Louis Kabes
 Sergio van Dijk
 Titus Bonai

BACA ARTIKEL LAINNYA... Napoli Bandrol Cavani Nyaris Rp 1 Triliun

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler