Gerakan Tangan Bantu Anak Cepat Belajar

Kamis, 19 September 2013 – 14:56 WIB

jpnn.com - Menggerakkan tangan pada anak-anak tak hanya berguna saat mereka akan membuat garis atau menulis. Tapi, dengan anak-anak sering menggerakkan tangan untuk digunakan sebagai isyarat, kegiatan ini bisa meningkatkan kemampuan belajar mereka.

Penelitian yang dipublikasikan dalam journal Developmental Psychology menunjukkan bahwa anak-anak prasekolah dan TK yang secara alami menggerakkan tangan mereka untuk menunjuk sesuatu atau memperlihatkan apa yang mereka coba lakukan, memiliki kontrol diri, kemampuan berkomunikasi, dan kematangan kognitif yang lebih baik.

BACA JUGA: Alami Kebotakan? Awas, Gangguan Sel Saraf Otak dan Sumsum Tulang Belakang

Kesimpulan tersebut didapat para ilmuwan setelah menguji anak-anak yang diperintahkan memilah benda sesuai dengan perubahan kriteria. Bahkan, pada orang dewasa, akan sulit untuk berpindah dari satu obyek ke obyek lain karena otak mengotomatisasi beberapa aspek belajar untuk mengoptimalkan efisiensi.

Setalah mempelajari sesuatu, tantangannya yaitu bagaimana mengingat pelajaran itu serta terhambatnya respons refleksif yang dilakukan. Oleh karena itu, dengan mengembangkan kebiasaan respons refleksif melalui pergerakan tangan, akan mempermudah anak-anak untuk mempelajari sesuatu.

BACA JUGA: Ini Bahaya Memanaskan Makanan di Microwave

Pada percobaan tersebut, 41 anak usia dua sampai enam tahun harus menempatkan kartu di nampan. Dalam satu putaran, mereka harus mencocokkan gambar kelinci biru atau merah dengan warna perahu. Kemudian mereka harus mengurutkan kartu berdasar obyeknya.

Pada tes lainnya, anak-anak harus membedakan beruang kuning besar dan kecil dari segi ukuran dan posisi gambar pada kartu. Selama tes dilakukan, secara naluriah anak-anak menggunakan gerakan tangan untuk membimbing mereka.

BACA JUGA: Meja Kerja Berantakan tak Selamanya Jelek

Gerakan memutar tangan dilakukan untuk melihat orientasi arah gambar beruang pada kartu. Selain itu, saat merasa melakukan hal yang tepat, mereka akan menempelkan ujung telunjuk dengan ibu jari hingga membentuk lambang 'OK'.

"Studi kami menunjukkan bahwa isyarat tangan bisa membantu anak-anak untuk berpikir," kata penulis utama studi dan profesor psikologi di San Francisco State University, Patricia Miller, seperti yang dilansir laman Times, Rabu (18/9).

Selain itu, ia menemukan bahwa isyarat tangan memiliki pengaruh kuat terhadap keberhasilan performa anak-anak dalam menyelesaikan tes terlepas dari umur mereka. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan anak-anak meningkat seiring dengan umurnya jika memang sudah dibiaskan membangun kebiasaan isyarat tangan sejak dini.

"Ini bukan hanya apa yang terjadi di dalam kepala berhubungan dengan bagaimana anak-anak belajar melakukannya, tapi juga bagaimana mereka mengekspresikannya dengan tubuh mereka," kata Sian Beilock, profesor psikologi di University of Chicago.

Gerakan balita bisa diartikan sebagai gerakan sekilas proses kerja otak karena mereka mencari cara untuk mengerahkan kontrol kognitif yang diperlukan guna menyelesaikan tugas. Untuk memastikan apakah gerakan tangan menandakan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, Miller dan timnya meminta balita menjelaskan apa yang mereka lakukan.

Ternyata kemampuan anak menjelaskan secara verbal tidak bisa diprediksi melalui gerakan tangannya. Tapi, dalam dalam beberapa tes yang menonjolkan perubahan objek, isyarat tangan cukup membantu balita menyelesaikan tugasnya.

Hasil studi ini juga berimplikasi pada penggunaan isyarat tangan untuk membantu anak-anak dengan gangguan perkembangan, misalnya autisme, untuk berkomunikasi dan berpikir.

"Dalam beberapa hal, perilaku motorik mungkin berhubungan dengan perilaku verbal," pungkas Miller.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cahaya Merah Paling Baik untuk Malam Hari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler