GGN Jatim Dukung Ganjar Genjot Potensi Budi Daya Ikan Lele di Lingkungan Ponpes

Minggu, 16 April 2023 – 12:50 WIB
Sukarelawan Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur menggelar edukasi budi daya ikan lele di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Jatigepluk, Desa Kedunglurah, Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (15/4). Foto: Dok. GGN

jpnn.com, TRENGGALEK - Sukarelawan Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur terus melakukan aksi nyata untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat pondok pesantren (ponpes).

Terbaru, loyalis Ganjar Pranowo itu memberikan bibit ikan lele serta mengedukasi masyarakat ponpes cara budi daya lele lewat pelatihan sebagai wujud meningkatkan ketahanan pangan.

BACA JUGA: Cek Harga di Pasar Kudus, Ganjar: Bapok Stabil, Penjualan Pakaian Naik, Ekonomi Menggeliat

Kegiatan tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Jatigepluk, Desa Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (15/4).

"Ini sebenarnya yang kami berikan bibit ikan lele ini ada 2.000 ekor kecil-kecil," kata Koordinator Wilayah GGN Jatim, Gus Alwy Hasan.

BACA JUGA: Ganjar Perbaiki Jalan di Jalur Pantura Juwana-Batangan, Kini Siap Dilintasi untuk Mudik

Menurutnya, ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung. Hal tersebut karena ikan lele kaya kandungan gizi.

Gus Alwy mengatakan budi daya ikan lele sangatlah mudah dan hemat biaya.

BACA JUGA: Arus Mudik Lebaran, Ganjar Cek Kesiapan Layanan di Terminal Hingga Posko Lebaran

Pengelolaan bibit-bibit ikan tersebut diharapkan dapat menghasilkan nilai ekonomis untuk menunjang kesejahteraan ponpes dan masyarakat sekitar.

Berbagai inovasi produk olahan dapat dibuat dari ikan lele seperti keripik lele, lele asap, abon, kerupuk, dan sebagainya.

"Harapan kami, supaya pondok pesantren lebih bisa mandiri dan perekonomian terutama di keluarga pondok pesantren ini lebih sejahtera dan lebih bisa enterpreneur, lebih bisa berkreasi dalam bidang ekonomi," jelas Gus Alwy.

Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Ulum Jatigepluk, Gus Bahauddin Asyrofi menjelaskan, budi daya atau ternak lele dapat menjadi potensi ekonomi baru di lingkungan tersebut.

Sebab, kawasan Desa Kedunglurah itu mayoritas masyarakat di sana bermata pencaharian sebagai petani.

"Mungkin ini salah satu untuk terobosan ke depan agar masyarakat khususnya di Kedunglurah akan mengalami pertumbuhan perekonomian yang signifikan," ucap Gus Bahaudin.

Sekadar informasi, GGN Jatim bersama santri, pengasuh ponpes, dan masyarakat setempat juga menggelar doa bersama untuk negeri.

Selain itu, GGN Jatim turut mendoakan agar langkah Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024 bisa tercapai.

 (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler