Gibran Berpeluang Melaju di Pilpres 2024 Jika Menang di Solo

Senin, 20 Januari 2020 – 11:03 WIB
Presiden Joko Widodo dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka. Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin memprediksi Gibran Rakabuming Raka bakal melaju dengan mulus di Pemilihan Wali Kota Solo 2020.

Setelah itu, tak tertutup kemungkinan putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut dipersiapkan maju di Pemilihan Presiden 2024 sebagai kandidat wakil presiden, atau presiden.

BACA JUGA: Bagaimana Peluang Gibran Rakabuming di Pilpres 2024?

Targetnya, dukungan dari para generasi muda.

"Sebagai anak presiden dia (Gibran) memiliki peluang yang sangat besar untuk menang (Pilkada Solo). Presiden punya segalanya," ujar Ujang kepada jpnn.com, Senin (20/1).

BACA JUGA: Gibran bin Jokowi Punya Modal untuk Maju di Pilkada Solo

Meski begitu, Ujang menyebut perjuangan mengangkat Gibran ke kancah nasional bakal cukup berat. Pasalnya, partai politik diyakini akan berhitung secara matang.

Partai-partai juga diyakini lebih menginginkan pimpinan di internal mereka untuk diusung.

BACA JUGA: Alasan PDIP Belum Putuskan Gibran Menjadi Calon Wali Kota Solo

Sementara Jokowi, meski seorang presiden tetapi bukan ketua umum partai.

Fakta lain, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini juga melihat kecenderungan cukup banyak rakyat yang tak begitu suka dengan Jokowi. Hal itu diyakini bakal berimbas ke Gibran nantinya.

"Sepertinya begitu (Gibran bakal dipersiapkan untuk Pilpres 2024 kalau sukses di Pilkada Solo). Cuma sepertinya tak akan mulus dan mudah. Masyarakat sudah cerdas dan Jokowi juga banyak yang tidak suka. Saya kira itu akan berdampak pada Gibran," pungkas Ujang.(gir/jpnn)
Kejar Harun masiku:


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler