Gila! Harga Gim Konsol Nintendo Play Station Klasik Mencapai Rp 5 Miliar

Senin, 09 Maret 2020 – 17:40 WIB
Nintendo Play Station. Foto: Heritage Auction

jpnn.com - Sebuah perangkat gim konsol Nintendo Play Station, yang biasanya hanya dilepas sekitar puluhan dolar AS di laman jual beli online. Ternyata ada satu unit yang harganya mencapai ratusan ribu dolar.

Konsol Nintendo Play Station yang masuk ke sebuah lelang oleh situs Heritage Auction pada akhir pekan lalu, membukukan penawaran hingga USD 360.000 atau sekitar Rp 5 miliar.

BACA JUGA: Berita Duka, Pencipta Konami Code Gim Konsol Nintendo Meninggal Dunia

Lantas apa alasan konsol tersebut bisa memiliki harga jual fantastis? Ternyata, him konsol yang dilelang tersebut merupakan unit prototipe (konsep) pertama yang dikembangkan Nintento sebelum model produksinya dipasarkan, lansir The Verge.

Pendiri Pets.com dan Toys.com, Greg McLemore, menjadi kolektor yang beruntung mendapatkan barang tersebut dengan tawaran tertinggi, mengalahkan kolektor lain, termasuk Palmer Luckey, CEO Oculus VR.

BACA JUGA: Nintendo Raup Pendapatan USD 1 Miliar dari Gim Mobile

Nintendo membuat model konsep Play Station sebanyak 200 unit, yang dibuat dari kemitraan yang gagal antara Sony dan Nintendo, pada 1991.

Forbes menggambarkan konsol tersebut pada dasarnya adalah Super NES dengan drive CD-ROM.

BACA JUGA: Varian Baru Pokemon Mystery Dungeon Dibuat untuk Nintendo

Sementara itu, Valerie McLeckie dari Heritage Auctions, tempat konsol itu ditawarkan, mengatakan bahwa diyakini 199 prototipe lainnya dihancurkan ketika kesepakatan Sony-Nintendo gagal. Sony merilis PlayStation pertamanya pada 1994. (mg8/jpnn)


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler