Giorgos Karagounis Tua-Tua Keladi

Senin, 18 Juni 2012 – 10:42 WIB
Giorgos Karagounis. Foto: Getty Images

Peran Giorgos Karagounis dalam skuad Yunani pada Euro kali ini sungguh vital. Bertindak sebagai kapten, pemain berusia 35 tahun itu adalah motor serangan Tim Negeri Dewa tersebut. Sempat tampil flop di pertandingan pertama grup A lawan Polandia (8/6), Karagounis memberi bukti di laga penentuan.
   
Berkat gol tunggal pemain Panathinaikos itu di tambahan waktu babak pertama kemarin (17/6) lawan Rusia, Yunani melenggang ke babak perempat final. Berbekal spirit 2004, dimana Yunani keluar sebagai juara Euro untuk pertama kalinya, Karagounis melambungkan optimisme.
   
"Pertandingan sangat menegangkan. Kami butuh keajaiban untuk bisa lolos dari fase grup. Jika dibandingkan tim tahun 2004 lalu, kami merasa ada yang lebih dalam tim ini. Kami adalah tim lama dengan semangat baru," ucap Karagounis kepada ESPN kemarin.
   
Karagounis menuturkan tantangan menjelang Euro ini terbilang lebih berat. Krisis finansial yang melanda Yunani membuat persiapan tim sedikit goyah. Meski demikian, Yunani bisa melalui krisis ekonomi tersebut.
   
Mantan pemain Inter Milan itu mengakui kalau mentalnya sempat drop karena gagal memberi kemenangan kepada Yunani saat bertemu Polandia. Dipercaya sebagai eksekutor penalti, tendangan Karagounis diblok kiper pengganti Przemys?aw Tyton.
   
"Kalau saja penalti saya tak gagal, mungkin kami akan lolos dengan dengan tujuh poin. Namun yang terpenting bagi saya pribadi adalah kebangkitan mental dan rasa percaya diri saya," sebut Karagounis.
   
Di sisi lain, penampilan Karagounis dalam laga lawan Rusia membuatnya memiliki rekor caps sebanyak 120 kali. Angka tersebut sama dengan yang dimiliki Theo Zagorakis. Karagounis berpeluang mengungguli rekannya tersebut kalau dipercaya turun dalam perempat final mendatang.
   
Sementara itu, pelatih Yunani Fernando santos memberikan acungan jempol kepada Karagounis. "Meski usianya sudah memasuki kepala tiga, namun insting mencetak golnya masih bagus. Itulah kenapa Karagounis masih bisa bertahan dalam starter," ujar Santos. (dra)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Skor Terbesar Milik Matador


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler