Gitaris Black Sabbath Kirim Surat ke Jokowi, Minta Duo Bali Nine Diampuni

Rabu, 04 Maret 2015 – 09:49 WIB
Tony Iommi. Foto: billboard

jpnn.com - JELANG eksekusi mati duo Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran, Presiden Joko Widodo kembali 'digoda' untuk mau memberikan ampunan alias grasi kepada dua warga Australia itu.

Kali ini datang dari gitaris band kondang Black Sabbath, Tony Iommi.

BACA JUGA: Ini 3 Hal yang Membuat Chelsea Islan Tegar Hadapi Video Lepas Baju

Iommi bersama bandnya diakui sebagai para musisi paling berpengaruh dalam munculnya musik heavy metal di dunia.

Grup band seperti Metallica atau Megadeth, sedikit banyaknya dipengaruhi oleh Black Sabbath, grup musik dari Inggris yang aktif sejak 1968.

BACA JUGA: Pacar Sudah Siapkan Rumah, Zaskia Gotik: Yang Penting Ada Itiknya

Dilansir dari The Age, Rabu (4/3), Iommi, yang mengetahui Jokowi suka dengan musik-musik metal, berkirim surat langsung ke Jokowi.

Dalam suratnya, Iommi menulis bahwa penjara di Indonesia sesungguhnya sudah sukses mengubah Andrew dan Myuran menjadi sosok yang lebih baik.

BACA JUGA: Ciuman dengan Cowok lebih Muda, Puteri Indonesia: Agak Gimana Gitu

"Saya memohon kepada Anda (Jokowi), sebagai orang pemaaf, untuk mencatat transformasi mereka. Mereka adalah orang-orang sekarang direformasi yang membuat perbedaan positif bagi kehidupan sesama tahanan. Mereka telah berubah. Untuk alasan ini, saya akan meminta Anda menghentikan ekseskusi kepada Andrew dan Myuran," tulis Iommi. 

Duo Bali Nine sendiri sudah tiba di LP Nusakambangan, Cilacap Jawa Tengah, Rabu (4/3) pagi ini. Andrew Chan dan Myuran Sukumaran diberangkatkan dari Lapas Kerobokan Bali menuju Nusakambangan, pada pukul 05.20 WITA tadi.

Diyakini, duet warga Australia itu akan segera didor dalam beberapa hari lagi bersama narapidana terhukum mati lainnya. (adk/jpnn)

Surat Iommi:

Presiden Indonesia
3 Maret 2015

Yang Mulia, saya menulis surat ini untuk menarik perhatian Anda untuk memberikan grasi kepada Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Saya memahami dan menghormati usaha Anda untuk memerangi penyalahgunaan narkoba di lndonesia, sesuatu yang juga menjadi masalah di semua negara.

Memang, saya sudah melihat langsung dampak negatif dari narkoba kepada oran-orang dan keluarga mereka.

Itu sebabnya saya memahami pandangan yang kuat Anda tentang masalah ini. 

Namun sistem penjara lndonesia telah sukses besar dalam mengubah Andrew dan Myuran.

Saya memohon kepada Anda, sebagai orang pemaaf, untuk mencatat transformasi mereka. Mereka sekarang sudah membuat perbedaan positif bagi kehidupan orang lain, sesama tahanan. Bahwa mereka telah berubah begitu banyak, adalah kredit yang nyata untuk otoritas lndonesia.

Untuk alasan ini, saya akan meminta Anda menghentikan eksekusi Andrew dan Myuran.

Perkenankan mereka untuk menjalani hukuman seumur hidup di mana mereka bisa berkontribusi pada kesejahteraan lndonesia, dan berbuat baik untuk kesalahan mereka sebelumnya. 

Saya harap Anda akan mempertimbangkan permohonan pribadi saya ini. 

Hormat saya,
Tony Iommi
Gitaris, Black Sabbath.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kiki Amalia Ngaku Kenal dengan Teman Bobo Abraham Samad


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler