Gol Marc Klok-Rachmat Irianto Bawa Indonesia Menang 2-1 atas Kuwait

Kamis, 09 Juni 2022 – 01:45 WIB
Timnas Indonesia vs Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023. Ilustrasi Foto: (PSSI)

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia berhasil mematahkan prediksi dan menang 2-1 atas Kuwait dalam laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al Ahmed Stadium, Kuwait, Rabu (8/6) malam.

Timnas Indonesia sempat tertinggal 0-1 terlebih dahulu setelah Yousef Al Sulaiman mencetak gol menit ke-39. Namun, tiga menit berselang, Skuad Garuda menyamakan kedudukan jadi 1-1 via penalti Marck Klok. Rachmat Irianto memastikan kemenangan 2-1 setelah mencetak gol menit ke-47

BACA JUGA: Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Kuwait, Tebak Skornya

Tuan rumah sejatinya tampil dominan dari menit awal. Mereka unggul dalam penguasaan bola dan mampu menekan pertahanan Indonesia berkali-kali. Peluang pertama Kuwait hadir pada menit ke-5 setelah Bader Al Motawaa melepaskan sepakan jarak jauh. Beruntung bola masih melambung.

Al Sulaiman kemudian membahayakan gawang Indonesia pada menit ke-8. Namun, sundulannya masih bisa dibaca dengan baik oleh Nadeo Argawinata. Sampai menit ke-15 pertahanan Indonesia terus dikurung oleh Kuwait.

BACA JUGA: Shin Tae Yong: Timnas Indonesia Tidak Gentar dengan Tekanan Suporter Kuwait

Indonesia mampu membuka peluang pertama pada menit ke-17 lewat kerja sama satu dua Marc Klok dan Saddil Ramdani. Sayang, sepakan Klok masih menyamping di kanan gawang Kuwait setelah sempat menyentuh kaki pemain lawan.

Menit ke-23, Al Sulaiman menunjukkan instingnya dengan membuka ruang dan menerima umpan dari rekannya. Dia kemudian melepaskan sepakan terarah ke gawang. Beruntung tendangannya masih lemah sehingga bisa ditangkap Nadeo dengan mudah.

BACA JUGA: Marc Klok Bawa Indonesia Tahan Imbang Kuwait 1-1 di Babak Pertama

Kuwait kembali mengancam pada Menit ke-26 melalui Eid Alrashidi. Nadeo menunjukkan kelasnya dan mampu menepis bola dengan baik. Corner kick bagi lawan, tetpai tak bisa dimanfaatkan.

Menit ke-31, Indonesia balik memgancam. Aksi individual Saddil Ramdhani mampu mengecoh dua pemain Kuwait. Dia terus menusuk ke dalam kotak penalti, Sayang sepakannya hanya mengenai jala samping gawang.

Indonesia semakin percaya diri dan mampu kembali menciptakan peluang. Kali ini Marc Klok kembali mampu mencari ruang kosong dan memanfaatkan umpan dari Stefano Lilipaly. Lagi-lagi, sepakan pemain naturalisasi asal Belanda pada menit ke-38 itu masih belum pas ke arah gawang.

Menit ke-39, Arhan mampu memanfaatkan sodoran Klok. Dia kemudian melepaskan sepakan kaki kiri yang kencang dari kotak penalti. Namun, sepakannya masih melambung di atas mistar.

Menit ke-41, Kuwait mencetak gol. Sebuah serangan dari sayap kanan dilakukan dan membelah pertahanan Indonesia. Yousef Al Sulaimani yang muncul dari belakang memanfaatkan umpan lambung rekannya dan melepaskan sundulan yang menjadi gol. Indonesia tertinggal 0-1.

Tak butuh waktu lama. Semenit berselang, Indonesia yang langsung melakukan serangan mendapatkan keuntungan. Rachmat Irianto yang lepas di sisi kanan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper. Saat dia melepaskan sepakan cip, bola memang bisa diamankan bek lawan. Namun, kiper Hussain Kankone yang melompat melanggawan Irianto.

Wasit yang melihat hal itu langsung mengganggap terjadi pelanggaran. Dia menunjuk titik putih dan memutuskan penalti bagi Indonesia. Klok yang jadi algojo mampu menuntaskan tugasnya dan membuat kedudukan imbang 1-1.

Pada babak kedua, perubahan dilakukan oleh Indonesia. Witan Sulaeman dan M Rafli masuk. Kerja sama keduanya menghasilkan peluang yang berbuah gol Rachmat Irianto.

Berawal dari umpan Rafli ke Witan, bola kemudian dikontrol dan ditendang oleh pemain asal Palu itu. Namun, masih bisa diblok pemain Kuwait dan bola mengarah ke Rachmat Irianto yang langsung menendangnya menjadi gol. Menit ke-47, Indonesia unggul 2-1 dari Kuwait.

Menit ke-49, Kuwait mendapatkan peluang dari pergerakan Bader. Sepakannya dari luar kotak penalti masih mengenai tiang gawang Indonesia. Aman gawang Indonesia.

Kuwait tak mau malu di hadapan suporternya sendiri. Mereka langsung menyerang pertahanan Indonesia. Pada Menit ke-51, Kuwait mencetak gol, tetapi wasit menganulirnya karena pemain tuan rumah itu sduah dalam posisi offside saat menerima umpan.

Setelah itu, tuan rumah benar-benar menguasai jalannya pertandingan. Praktis, Kuwait terus mengurung pertahanan Indonesia. Namun, disiplin dan konsentrasi yang terus terjaga, membuat Indonesia bisa menahan gempuran demi gempuran tuan rumah.

Sampai pertandingan usai setelah ada tambahan waktu lima menit, Indonesia mampu menjaga keunggulan. Sampai laga bubaran, Timnas Indonesia berhasil memastikan kemenangan 2-1 atas Kuwait. (dkk/jpnn)

 


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler