Gol Pirlo untuk Muamba

Senin, 19 Maret 2012 – 09:47 WIB

ANDREA Pirlo tidak mengenal dengan baik Fabrice Muamba. Pirlo juga belum pernah satu tim atau berhadapan langsung dengan gelandang Bolton Wanderers itu sepanjang karirnya. Tapi, bintang Juventus itu memilih mendedikasikan golnya kemarin sebagai bentuk simpati kepada Muamba.

"Fabrice Muamba tengah berjuang untuk hidupnya. Sesama pemain, kita semua dekat dengannya dan berharap dia akan segera pulih," kata Pirlo sebagaimana dikutip AFP.

Muamba baru saja menambah daftar pemain yang kolaps di lapangan hijau. Pemain 23 tahun itu pingsan karena serangan jantung pada menit ke-41 kala Bolton menghadapi Tottenham Hotspur dalam perempat final Piala FA di White Hart Lane kemarin (19/3).

Muamba lalu mendapat perawatan intensif dari enam orang tim medis selama sepuluh menit, termasuk menggunakan CPR untuk mengembalikan pernapasannya. Karena kondisinya tidak membaik, pemain kelahiran Kinsasha, Zaire (kini Republik Demokrasi Kongo) tersebut akhirnya dilarikan ke rumah sakit spesialis jantung di London. Sejauh ini, kondisinya masih kritis.

Pelatih Bolton Owen Coyle mengatakan, Muamba akan berada dalam perawatan intensif selama 24 jam. Bersama kapten Bolton Kevin Davies, Coyle menemani Muamba dalam mobil ambulans saat dibawa dari stadion ke rumah sakit.

Begitu Muamba pingsan, wasit Howard Webb memutuskan untuk menghentikan laga di White Hart Lane. Kala itu, skor masih 1-1. Bolton memimpin pada menit keenam melalui gol bunuh diri Gareth Bale dan dibalas tuan rumah melalui Kyle Walker lima menit kemudian.

Untuk menghormati Muamba, FA (Asosiasi Sepak Bola Inggris) memutuskan apabila laga Tottenham versus Bolton dibatalkan. FA juga mengumumkan apabila laga Aston Villa versus Bolton di Premier League Rabu dini hari WIB (21/3) ditunda.

Kabar kolapsnya Muamba tentu saja mengejutkan dunia sepak bola. Tidak hanya Pirlo, beragam reaksi datang dari pemain, pelatih, sejumlah pejabat teras klub, hingga Presiden FIFA Sepp Blatter. Sebelum Muamba, tercatat ada empat insiden pemain kolaps di lapangan karena serangan jantung.

Sebut saja gelandang internasional Kamerun Marc-Vivien Foe dalam semifinal Piala Konfederasi di Lyon pada Juni 2003, defender Sevilla Antonio Puerta saat menghadapi Getafe di laga pembuka Liga Primera pada 28 Agustus 2007, serta kapten Motherwell Phil O?Donnell dalam bentrok kontra Dundee United di ajang Liga Primer Skotlandia pada Desember 2007.

Sedangkan kapten Espanyol Daniel Jarque meninggal pada Agustus 2009 bukan dalam pertandingan resmi, melainkan saat mengikuti pemusatan latihan di Coverciano, Italia. (dns/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Alangkah Indahnya Jika Bersatu Majukan Sepakbola


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler