Golkar Usung Calon yang Kalah di Pilkada 2012

Kamis, 04 Agustus 2016 – 00:18 WIB
Sekjen Partai Golkar Idrus Marham yang memimpin rapat penetapan calon. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - PAYAKUMBUH – Partai Golkar sudah menetapkan nama bakal calon wali kota Payakumbuh yang akan diusung dalam Pilkada 2017. 

Partai berlambang beringin itu mengusung kembali Almaisyar Datuak Bangso Dirajo Nan Kuniang, Direktur PT Asuransi Eka Lloyd Jaya, yang pernah menjadi runner-up dalam Pilkada Payakumbuh 2012 lalu.

BACA JUGA: Menurut Sekda, Inilah Penyebab PNS tak Netral

Kepastian Partai Golkar mengusung kembali Almaisyar sebagai bakal calon wali kota Payakumbuh itu, disampaikan Sekretaris DPD Partai Golkar Sumbar Afrizal kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Rabu sore (3/8). 

Menurut Afrizal, pengurus DPD Partai Golkar Sumbar dan DPD Partai Golkar Payakumbuh, sudah selesai menggelar rapat dengan pengurus DPP Partai Golkar di Jakarta.

BACA JUGA: Timses Ahok Terbentuk, Pentolan Relawan Jadi Sekretaris

Dalam rapat yang berlangsung di ruang pertemuan DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta, Rabu siang itu, pengurus DPP Partai Golkar bersama DPD I Sumbar dan DPD II Payakumbuh, sepakat meluncurkan rekomendasi dukungan buat Almaisyar sebagai bakal calon wali kota. Kesepakatan ini dibuat setelah mempertimbangkan hasil survei yang dilakukan LSI baru-baru.

"Setelah mempertimbangkan hasil survei, kredibilitas calon, dan harapan masyarakat Partai Golkar memutuskan untuk mengusung kembali Almaisyar sebagai bakal calon wali kota. Rekomendasinya sudah keluar. Tinggal dibawah ke Payakumbuh," kata Afrizal yang berada di Jakarta bersama ketua DPD Partai Golkar Sumbar Hendra Irwan Rahim dan Ketua DPD Partai Golkar Payakumbuh Sudirman Rusma.

BACA JUGA: Bang Ruhut: Bu Risma Bagus tapi...

Azfrizal menyebutkan, sebelum mengeluarkan rekomendasi buat Almaisyar,  ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid dan Sekjen Partai Golkar Idrus Marham yang memimpin rapat, sempat melihat hasil survei LSI terkait peluang calon kepala daerah Payakumbuh. 

"Berdasarkan hasil survei tersebut, Almaisyar bepeluang besar memenangkan Pilkada Payakumbuh," ujarnya.

Terkait dengan partai mana Golkar akan berkoalisi dalam Pilkada Payakumbuh, Azfrizal menyebut, DPD I Partai Golkar dan DPD II Partai bersama Almaisyar, akan mencari mitra koalisi, sekaligus pendamping Almaisyar. 

"Yang jelas, Almaisyar sudah mengantongi rekomendasi untuk maju di Pilkada Payakumbuh. Soal siapa wakilnya dan partai mana lagi yang akan mendukung, nanti kami informasikan lagi," kata Afrizal.

Disisi lain, Almaisyar yang dihubungi Padang Ekspres, mengaku bersyukur kepada Allah dan berterimakasih kepada Partai Golkar yang kembali mempercayainya sebagai bakal calon wali kota Payakumbuh. "Alhamdulillah atas kepercayaan Partai Golkar, baik dari tingkat DPD II, DPD I, sampai ke DPP," ujarnya.

Sekedar mengingatkan, dalam Pilkada Payakumbuh 2012 yang merupakan Pilkada langsung kedua di kota galamai, Almaisyar maju sebagai calon wali kota berpasangan dengan Dedrizal.

Saat itu, pasangan yang dalam pengundian oleh KPU mendapat nomor urut tiga tersebut, diusung koalisi besar. Yakni, Golkar, PPP, PBR, PKPB, PKB, PMB, PPRN, PDK, dan PNI-Marhaenisme.

Setelah dilakukan pemilihan langsung pada 12 Juli 2012, Almaisyar-Dedrizal meraih 11.575 suara (22,5 persen). Sedangkan Riza Falepi-Suwandel Muchtar yang diusung PKS dan PDI-Perjuangan dengan nomor urut pencalonan nomor urut lima, meraih 18.520 suara (36,1 persen). 

Sehingga, pasangan dengan julukan Falepi-Wandel (F-WAN) itu dinyatakan sebagai pemenang Pilkada 2012. (frv/sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Beda dengan Ahok, Politikus PPP Ini Konsisten di Jalur Independen


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler