GP Meksiko: Hamilton Pertama, Kontroversi Warnai Podium Ketiga

Senin, 31 Oktober 2016 – 05:52 WIB
Ribuan penonton tampak di salah satu tribun di sirkuit Autodromo Hermanos Rodriguez, tempat digebernya GP Meksiko. Foto: AFP

jpnn.com - MEXICO CITY - Driver Mercedes Lewis Hamilton finis pertama di GP Meksiko, yang digeber di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Senin (31/10) dini hari.

Ini menjadi kemenangan seri ke-51 sepanjang karier Hamilton. Dia menyamai catatan Alain Prost dan hanya kalah dari rekor terbaik yang dimiliki Michael Schumacher (91 gelar).

BACA JUGA: Riedl Yakin Andik, Irfan, dan Lilipaly Gampang Adaptasi

Namun keberhasilan Hamilton memenangi pertarungan dengan Nico Rosberg yang harus puas di tempat kedua, ternyata kalah menarik dari penentuan podium ketiga yang diwarnai kontroversi.

Drama penentuan podium ketiga itu baru hadir pada akhir balapan. Pembalap Red Bull, Max Verstappen, sejatinya sanggup finis di belakang Hamilton dan Rosberg. Dia pun sudah memarkir kendaraannya sesuai dengan tempat untuk peringkat ketiga.

BACA JUGA: Skuad Compang-camping, PSM Cari Solusi Agar Tak Jadi Bulan-bulanan Persiba

Namun, saat hendak naik ke podium bersama Hamilton dan Rosberg, diumumkan bahwa Verstappen mendapat penalti lima detik. Hukuman penalti membuat pembalap Belanda itu turun ke peringkat kelima, di belakang rekan satu timnya, Daniel Ricciardo.

Tak ayal, pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang sedianya hanya finis di urutan keempat, mendapat hibah berupa podium dadakan. Vettel, setelah mendapat kabar itu, langsung berlari menuju podium ketiga menemani duo Mercedes.

BACA JUGA: Usai Menaklukkan Si Jago Kandang, Pemain Diganjar Libur Lebih Lama

Keberhasilan Vettel naik podium tak pelak memicu kontroversi. Tak sedikit yang memprotes keputusan itu, salah satunya rekan Verstappen di tim Red Bull, Daniel Ricciardo.

"Saya merasa bahwa Seb (Vettel) melakukan apa yang semua orang telah keluhkan pada akhir-akhir ini, dalam hal pengereman. Dia tidak pantas untuk berada di podium," sindir Ricciardo.

Terlepas dari kontroversi podium ketiga, Hamilton laik menjadi sorotan utama berkat keberhasilannya merebut gelar juara pada dua seri beruntun di GP Amerika Serikat pekan lalu dan kini di Meksiko. 

Pembalap Inggris itu mengungguli Rosberg dengan jarak waktu 8,3 detik. Hamilton yang menjalani start di urutan terdepan, berhasil mendapatkan permulaan baik.

Menuju tikungan pertama, Hamilton mengunci bannya saat melakukan pengereman. Memaksanya untuk memotong tikungan melewati rumput. Rosberg juga harus memotong tikungan setelah mengalami kontak dengan mobil Verstappen.

Di belakang, insiden tabrakan terjadi antara, pembalap Manor, Pascal Wehrlein dan pembalap Sauber, Marcus Ericsson, menyebabkan periode Safety Car di putaran pembuka. Wehrlein gagal melanjutkan lomba, sedangkan Ericsson masuk ke pit untuk melakukan perbaikan mobil.

Setelah dua pembalap Mercedes melakukan pitstop, Vettel mengambil alih pimpinan balapan. Sementara, Ricciardo kini ditempel oleh rekan satu timnya, Verstappen. 

Vettel akhirnya melakukan pitstop untuk memasang kompon ban medium pada lap 33. Hal tersebut mengembalikan status pimpinan balapan kepada Hamilton yang kini mengungguli rekan satu tim dan rivalnya, Rosberg, dengan jarak 4,8 detik. 

Rosberg sendiri mendapatkan tekanan dari Verstappen, yang selepas melewati Ricciardo, terus memangkas jaraknya dengan posisi kedua. Jarak kurang dari dua detik memisahkan Rosberg dan mobil Verstappen saat balapan melewati paruh pertengahan balapan.

Memasuki 10 lap terakhir, terjadi pertarungan tiga mobil antara Verstappen, Vettel, dan Ricciardo. Verstappen yang sempat bertarung ketat melawan Rosberg, kini mulai terancam oleh Vettel. Ricciardo yang melakukan pitstop kedua untuk memasang kompon ban soft, juga terus mengejar dua pembalap di depannya.

Verstappen mengunci bannya saat mengerem di tikungan pertama pada putaran ke-68, Pembalap Belanda itu memotong trek akibat kesalahnya tersebut. 

Melalui radio tim, Verstappen diinstruksikan untuk memberikan posisi kepada Vettel, karena dianggap mengambil keuntungan. Namun, Verstappen mengabaikan instruksi tersebut yang membuat Vettel frustrasi di radio tim. "Minggir! minggir! sial!" rutuk Vettel.

Ricciardo memanfaatkan insiden tersebut, untuk semakin mendekati mobil Vettel. Ricciardo melakukan manuver di tikungan 4 dengan mengambil sisi dalam. Keduanya bersenggolan di tikungan tersebut, tetapi posisi keduanya urung berubah.

Pada akhir lomba, Hamilton dengan leluasa menyentuh garis finis pertama, unggul 8.354 detik di depan Rosberg. 

Sementara, Verstappen  melintas garis finis di posisi ketiga terpaut 17,313 detik dari Hamilton. Verstappen finis di depan Vettel dan Ricciardo. 

Namun, saat mobil-mobil masuk ke parc ferme, stewards memutuskan untuk menjatuhkan penalti lima detik kepada Verstappen. Alhasil, Vettel dipromosikan ke posisi podium terakhir. 

Sontak, Verstappen merasa kesal dengan keputusan itu. Seusai balapan, dia tak melewatkan momne untuk melontarkan sindiran kepada Vettel. 

"Saya pikir dia perlu kembali ke sekolah untuk belajar beberapa bahasa baru. Dia orang yang sangat frustrasi pada saat itu," kritik Verstappen. (ira/jpg/jpnn)

 

Hasil Lengkap GP Meksiko:

Pos Pembalap    Tim    Waktu    
1. Lewis Hamilton    Mercedes    1:40'31.402 
2. Nico Rosberg    Mercedes    1:40'39.756 
3. Sebastian Vettel    Ferrari    1:40'48.715    
4. Daniel Ricciardo    Red Bull    1:40'52.260    
5. Max Verstappen    Red Bull    1:40'52.725    
6. Kimi Raikkonen    Ferrari    1:41'20.778    
7. Nico Hulkenberg    Force India 1:41'30.293    
8. Valtteri Bottas    Williams    1:41'37.014    
9. Felipe Massa    Williams    1:41'47.608    
10. Sergio Perez    Force India 1:41'48.200    
11. Marcus Ericsson    Sauber    1 lap    
12. Jenson Button    McLaren    1 lap    
13. Fernando Alonso    McLaren    1 lap    
14. Jolyon Palmer    Renault    1 lap    
15. Felipe Nasr    Sauber    1 lap    
16. Carlos Sainz Jr.    Toro Rosso 1 lap    
17. Kevin Magnussen    Renault    1 lap    
18. Daniil Kvyat    Toro Rosso 1 lap    
19. Esteban Gutierrez    Haas    1 lap    
20. Romain Grosjean    Haas    1 lap    
21. Esteban Ocon    Manor    2 laps    
DNF     Pascal Wehrlein

BACA ARTIKEL LAINNYA... Finis Kedua di Sepang, Rossi Pastikan Runner-up Musim 2016


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler