Grup D: Kemenangan Panama Atas Bolivia Berhiaskan Rekor Spesial

Selasa, 07 Juni 2016 – 08:24 WIB
Panama meraih kemenangan dalam laga debut di Copa America. FOTO: AFP

jpnn.com - ORLANDO - Panama secara luar biasa meraih kemenangan dalam laga perdana Grup D Copa America Centenario 2016. Tim asuhan Hernan Dario Gomez itu menang 2-1 atas Bolivia, Selasa (7/6) pagi WIB. 

Kemenangan tersebut memunculkan sejumlah rekor menawan. Panama menjadi tim pertama di luar Conmebol yang berhasil meraih kemenangan dalam debut di Copa America. Sebelumnya tak ada negara di luar Conmebol yang langsung menang di pertandingan pertama Copa America. 

BACA JUGA: Jadi Unggulan Kedua, Greysia/Nitya Tak Dibebani Target Juara

Selain itu, Blas Perez tercatat sebagai pemain Panama pertama yang bisa mencetak gol di Copa America. 

Panama memang baru pertama kali ini berlaga di ajang Copa America. Sebelumnya sebagai negara yang masuk Concacaf, Panama tak pernah mendapat undangan untuk tampil di Copa America. Dalam perayaan 100 tahun Copa America, Panama akhirnya berkesempatan untuk berlaga di ajang ini untuk kali pertama. 

BACA JUGA: Pengumuman Penting Untuk Fans Atletico Madrid dan Simeone

Bermain di Camping World Stadium, Panama unggul cepat pada menit ke-11. Umpan matang Alberto Quintero dimanfaatkan secara sempurna oleh Blas Perez untuk menjebol gawang Bolivia yang dijaga Carlos Lampe. 

Striker veteran Vancouver Whitecaps itu mencatatkan namanya dalam sejarah sepak bola Panama. Dia menjadi pencetak gol pertama bagi negaranya di ajang Copa America. 

BACA JUGA: Modifikasi Motor Kunci Kemenangan Rossi di Catalunya

Bolivia baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-54 lewat aksi Juan Arce. Dia memanfaatkan kemelut di depan gawang Panama usai tendangan bebas daro Bolivia. 

Hanya saja, ambisi Panama untuk mencetak sejarah tak terbendung. Pada menit ke-87, Blas Perez mencetak gol keduanya dan membawa Panama unggul 2-1. Gol Blas Perez tak lepas dari umpan tarik brilian dari Abdiel Arroyo. 

Tak ada gol yang tercipta di sisa pertandingan. Panama mencetak sejarah dengan langsung meraih kemenangan dalam laga debut di Copa America. Mereka pun berpeluang untuk bisa lolos ke fase selanjutnya. (epr/JPNN)

Susunan Pemain
Panama:
1-Jaime Penedo, 3-Harold Cummings (17-Luis Henriquez 63), 5-Roderick Miller, 13-Adolfo Machado, 23-Felipe Baloy, 6-Gabriel Gómez, 11-Armando Cooper (16-Abdiel Arroyo 74), 19-Alberto Quintero, 20-Anibal Godoy, 7-Blas Pérez, 8-Gabriel Torres (10-Luis Tejada 56)
Bolivia: 1-Carlos Lampe, 5-Nelson Cabrera, 17-Marvin Bejarano, 21-Ronald Eguino (13-Alejandro Melean 46), 22-Edward Zenteno, 4-Diego Bejarano, 8-Martin Smedberg, 9-Yasmani Duk (18-Rodrigo Ramallo 87), 20-Fernando Saucedo (10-Jasmani Campos 46), 7-Juan Arce, 15-Pedro Azogue    
Skor: 2-1
Pencetak gol: Perez 11, 87 - Arce 54 
Wasit: Ricardo Montero (Kosta Rika)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hummels ke Bayern, Ini Cara Balas Dendam Dortmund


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler