Grup MIND ID PT Timah Salurkan Bantuan Pembangunan untuk 4 Masjid di Babel

Rabu, 19 Juli 2023 – 06:16 WIB
Anggota Grup MIND ID, PT Timah Tbk., menyerahkan bantuan untuk empat rumah ibadah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau pada Juni 2023. Foto: dok MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Grup MIND ID, PT Timah Tbk., menyerahkan bantuan untuk empat rumah ibadah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau pada Juni 2023.

Sekretaris Perusahaan BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID Heri Yusuf mengatakan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk tempat ibadah yang disalurkan merupakan bagian dari tanggung jawab sekaligus kepedulian perusahaan terhadap masyarakat khususnya di wilayah operasional PT Timah Tbk.

BACA JUGA: MIND ID Salurkan 968 Hewan Kurban, Disebar ke Berbagai Wilayah

"Melalui Program CSR tersebut, PT Timah terus berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat sejahtera dan mandiri. Hal ini selaras dengan noble purpose kami we explore natural resources for civilization, prosperity, and a brighter future," kata Heri Yusuf dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Rabu (19/7).

Keempat rumah ibadah yang mendapat bantuan tersebut yakni Masjid Nur Hidayah Desa Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Masjid Al Barkah Sijuk dan Surau Istiqomah di Kabupaten Belitung, juga Surau Baitul Ana Dusun IV, Desa Perayun, Kecamatan Kundur Utara.

BACA JUGA: MIND ID Jaring Lebih dari 1 Ton Sampah di Sungai Enim dan Kiahaan

Ketua Surau Istiqomah Dedi Sutrisno mengaku bisa bernapas lega karena surau di Kabupaten Belitung tersebut akan segera direnovasi.

Dedi semula khawatir karena pembangunan Surau Istiqomah terkendala biaya hingga akhirnya pembangunan tempat ibadah tersebut tak kunjung rampung.

Surau tersebut pun tak memiliki fasilitas tempat wudu ataupun WC.

Padahal, antusiasme warga sekitar tampak tinggi apalagi saat menjelang pelaksanaan ibadah salat maghrib atau isya. Warga biasanya berbondong-bondong untuk melaksanakan salat berjamaah di Surau Istiqomah.

Dedi bersama warga sekitar pun melakukan persamuhan untuk membahas terkait rencana pembangunan kembali surau dengan menambah kapasitas jemaah dan fasilitas tempat wudhu. Namun, kata dia, kendalanya tentu masalah biaya.

Beruntung, Surau Istiqomah terpilih menjadi salah satu tempat ibadah yang berhak menerima bantuan program tanggung jawab sosial alias corporate social responsibility (CSR) dari anggota BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID, PT Timah Tbk.

"Kami perluas bangunan dan pengembangan ke satu sisi termasuk pembangunan tempat wudhu," kata Dedi.

Ketua Pelaksana Pembangunan Surau Baitul Ana Parmin menghadapi masalah yang sama, yakni terkendala masalah biaya pembangunan tempat ibadah di wilayah tempatnya tinggal yakni, Dusun IV, Desa Perayun, Kecamatan Kundur Utara, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

Parmin mengatakan pembangunan Surau Baitul Ana tak kunjung rampung karena terkendala biaya.

Selama ini, pembangunan tempat ibadah tersebut hanya mengandalkan dana patungan dari masyarakat sekitar.

"Sebenarnya pembangunan ini telah lama dilaksanakan, namun karena terkendala biaya jadi kita lakukan sesuai dana yang terkumpul dari swadaya masyarakat," ucap Parmin.

Parmin mengatakan dana bantuan yang diberikan anggota Grup MIND ID, PT Timah Tbk., tersebut akan digunakan untuk membangun fasilitas tempat wudu sehingga kalau sudah rampung nanti, jemaah bisa dengan mudah melaksanakan ibadah.

"Saya selaku ketua kegiatan pembangunan Surau Baitul - Ana Dusun IV Ujung Baru Desa Perayun mewakili Pengurus dan Masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan perhatian PT Timah terhadap kegiatan masyarakat," kata Parmin.(mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
MIND ID   Masjid   ibadah   CSR   Pt Timah  

Terpopuler