Gubernur Diminta Tuntaskan Tugas

Rabu, 25 Desember 2013 – 07:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Dorongan sejumlah pihak yang menginginkan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo untuk menjadi calon presiden (capres) dan keinginan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama untuk pindah dari partai Gerindra yang mengusungnya pada Pilkada lalu, mendapat kritikan.

Kritikan tersebut dilontarkan dalam diskusi yang mengusung tema Menuju Pemerintahan Daerah DKI yang Akuntabel dan Transparan, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, kemarin.

BACA JUGA: Denda Maksimal di Tahun Baru

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, menilai pemimpin daerah harus konsisten terhadap janjinya. Jika pimpinan daerah itu berjanji menyelesaikan permasalahan di wilayah yang dipimpinnya, ia harus menyelesaikannya terlebih dahulu.

Siti meminta, kepala daerah jangan tergoda untuk meraih kekuasaan yang lebih tinggi lagi.

BACA JUGA: Diduga Akibat Arus Pendek, Studio TV One Kebakaran

"Setiap kepala daerah yang terpilih pasti disumpah untuk menyelesaikan tugasnya, jadi sudah menjadi kewajibannya untuk menuntaskan itu dulu," ujar Siti Zuhro saat berbicara dalam diskusi.

Siti mengatakan, tidak ada yang melarang siapapun meraih jabatan yang lebih tinggi di Indonesia ini. Namun, etika dalam meraih jabatan tersebut harus tetap dijaga. "Jangan mengingkari janji dan sumpah untuk sebuah jabatan," katanya.

BACA JUGA: Operasionalkan KRL Hingga Pagi pada Pergantian Tahun

Sementara, Ketua Dewan Pembina Pusat Pengkajian Jakarta (PPJ), Muhammad Taufik, mengamini komentar Siti Zuhro. Menurutnya, memang melanggar etika jika pemimpin berlaku sebagai kutu loncat. "Saya setuju dengan komentar Ziti Zuhro," terangnya.

Lebih lanjut, kata Taufik, untuk pemimpin Jakarta seharusnya memang menyelesaikan tugas-tugasnya yang banyak. Selain itu juga harus mampu mengoptimalkan potensi Jakarta untuk menjadi kota terbaik. Namun hal itu, kata dia, sulit tercapai bila pembangunan di Jakarta masih dijalankan 'sendirian'.

Oleh karenanya, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta mendukung dan berpartisipasi aktif terkait program yang sudah mulai dijalankan Gubernur dan Wakil Gubernur Jokowi-Ahok.  

"Pembangunan di Jakarta ini harus mendapat dukungan dari masyarakat luas, karena kita ingin melihat Jakarta menjadi kota terbaik," tandasnya. (wok/pes)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapolri dan Panglima TNI ke Katedral


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler