Gubernur Herman Deru Pastikan Segera Alokasikan Anggaran Perbaikan Jalan Rusak di OKI

Senin, 05 Juni 2023 – 13:51 WIB
Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau jalan rusak di wilayah Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Jumat (2/6). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, OGAN KOMERING ILIR - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru terus membuktikan komitmennya dalam melakukan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok desa.

Seperti pada Jumat (2/6), Gubernur Herman Deru bertolak menuju Kecamatan Cengal, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk meninjau langsung kondisi sejumlah ruas jalan di wilayah tersebut yang menurut laporan mengalami kerusakan cukup parah.

BACA JUGA: Buka Sriwijaya Expo, Herman Deru Ajak Bupati dan Wali Kota Dorong UMKM Sumsel Naik Kelas

"Rusaknya jalan ini bukan karena kurangnya perhatian pemerintah atau kualitas jalan yang tidak layak, tetapi karena ada aktivitas ekonomi yang meningkat pesat di wilayah tersebut," ungkap Herman Deru seusai meninjau jalan tersebut.

Gubernur Herman Deru menyebut sedikitnya ada 4 ruas jalan rusak berat dan 5 jalan rusak ringan yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Kayuagung, Pedamaran Timur, Sungai Menang hingga Cengal.

BACA JUGA: Herman Deru Terima Penghargaan Tokoh Kepemimpinan Bidang Kearsipan

"Kami inventarisir jalan di OKI sepanjang 96 kilometer. Kami bisa simpulkan 70 persen jalan sudah baik. Jalan yang rusak berat ada empat titik, sedangkan lima 5 titik lainnya rusak ringan. Totalnya tiga sampai empat kilometer," terangnya.

Dia kemudian menginstruksikan Bupati OKI dan dinas terkait di lingkungan Pemprov Sumsel untuk melakukan penanganan terkait kondisi jalan tersebut agar mobilitas ekonomi masyarakat dapat berjalan lancar

"Kami upayakan ini ditangani segera. Paling tidak jalan ini bisa nyaman dilalui masyarakat," ujar Herman Deru.

Selain itu, Gubernur Herman Deru menyampaikan perbaikan beberapa ruas jalan tersebut akan dilakukan setelah kucuran dana yang tertuang dalam inpres terkait percepatan peningkatan konektivitas jalan telah dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan.

"Dana inpres sebesar Rp 60 miliar untuk peningkatan jalan. Kami juga akan alokasikan dana perbaikan jalan ini melalui ABT (anggaran belanja tambahan) tahun ini juga," paparnya.

Diketahui, upaya Herman Deru dalam mendorong kemudahan pelayanan di Kabupaten OKI dan sejumlah daerah lain di Sumsel terus dilakukan.

Bahkan di Kabupaten OKI, Herman Deru mendukung pemekaran kawasan Pantai Timur yang mencakup wilayah Kecamatan Cengal sebagai kabupaten baru.

"Kami tentu mendukung pemekaran Pantai Timur ini. Jika semua syarat sudah lengkap kami akan segera serahkan ke presiden," tegas Herman Deru.

Dukungan itu diberikan agar kawasan Pantai Timur cepat berkembang.

"Dengan ini masyarakat dapat lebih cepat mendapatkan pelayanan dan daerah ini lebih cepat berkembang," imbuhnya.

Hal tersebut juga mengingat OKI memiliki luas wilayah yang sangat besar, yakni 19 ribu kilometer persegi.

Luas tersebut sama dengan luas Provinsi Bengkulu dan Bangka Belitung.

"OKI ini kabupaten yang sangat luas. Jadi pemekaran memang dibutuhkan. Karena tidak mungkin keuangan Kabupaten OKI mampu mengatasi persoalan yang terjadi, termasuk permasalahan jalan rusak," bebernya.

Dia pun berharap keinginan masyarakat untuk mendapatkan akses jalan yang baik dapat segera terealisasi.

"Perbaikan akan segera dilakukan untuk kenyamanan masyarakat," tegas Gubernur Herman Deru.

Pada kesempatan itu, kunjungan Gubernur Herman Deru turut didampingi Bupati OKI Iskandar, Forkopimda Kabupaten, Anggota DPRD Sumsel Sri Sutandi, Duta Literasi Kabupaten OKI M. Alki Ardhiansyah Iskandar dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel dan Pemkab OKI. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler