Gullit Berminat, Hiddink Menolak

Senin, 02 Juli 2012 – 01:33 WIB
Ruud Guliit. Foto: Getty Images

LONDON - Rumor terus mengelilingi bursa pengganti Bert Van marwijk sebagai pelatih tim nasional Belanda. Beberapa nama beken sudah dikaitkan untuk menduduki kursi panas De Oranje. Tapi, hingga kini KNVB (Federasi Sepak Bola Belanda) belum memastikan siapa yang akan dipinang.
   
Di tengah ketidak pastian tersebut, muncul keinginan dari salah satu legenda Belanda yang turut mengantarkan nnegeri Kincir Angin itu meraih gelar juara Euro 1988, Ruud Gullit. Dia merasa sanggup jika harus memikul tanggung jawab sebagai pelatih timnas Belanda. Dengan segala pengalamannya, Gullit siap memberikan kerja maksimal untuk De Oranje.
   
Seperti diketahui, Belanda di bawah kepelatihan Van Marwijk baru saja mengarungi Piala Eropa 2012 dengan hasil buruk. Finalis Piala Dunia 2010 lalu itu tidak berhasil lolos dari penyisihan grup di Ukraina dan Polandia. Mereka kalah bersaing dengan Jerman dan Belanda yang akhirnya mewakili grup itu di perempat final.
   
Hasil negatif tersebut membuat Van Marwijk mengundurkan diri dari kursi pelatih. Nama Gullit pun menjadi salah satu kandidat kuat membesut Robin Van persie dkk.
   
"Saya tahu bahwa saya memiliki kualitas untuk menggantikan Van Marwijk sebagai pelatih tim nasional. Saya sering kalah sebagai pelatih. Tetapi, orang cenderung lupa bahwa saya memenangi banyak pertandingan juga, baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih," kata Gullit kepada Voetbal International.
   
Namun, pernyataan tersebut hanya ungkapan sepihak dari Gullit. Kubu KNVB belum memberikan konfirmasi apa pun terkait pergantian tersebut.
   
"Belum ada pendekatan nyata saat ini. KNVB tidak pernah mendekati saya. Tetapi, bila itu terjadi, akan menjadi kehormatan besar untuk saya," jelas Gullit yang terakhir kali menjadi pelatih setahun silam, menangani tim peserta Liga Rusia Terek Grozny.
   
Selain itu, nama lain yang juga masuk nama lain adalah mantan pelatih Chelsea Guus Hiddink. Tapi, untuk mengantisipasi spekulasi lebih lanjut, Hiddink sudah menyatakan tak tertarik melatih tim nasional Belanda untuk yang kedua kalinya. Pelatih berusia 65 tahun tersebut memilih tetap pada komitmen yang telah dibuatnya sebagai pelatih tim Rusia lainnya, Anzhi Makhachkala.
   
Menanggapi rumor tersebut, Hiddink mengaku cukup terkejut. Namun, pelatih yang sempat menukangi Belanda dari 1994 sampai 1998 itu tak tertarik kembali mengarsiteki De Oranje. Hiddink memilih memenuhi kontraknya dengan Anzhi.
   
"Saya tak bisa menggantikan Bert van Marwijk. Saya baru saja menerima kepercayaan penuh dari pemilik Anzhi, jadi saat ini mustahil untuk bisa lari dari itu," kata Hiddink pada Telegraaf.
   
Sebenarnya bukan hanya Gullit dan Hiddink yang dirumorkan tengah diincar KNVB sebagai pelatih timnas Belanda pengganti Van Marwijk. Selain mereka, masih ada nama Ronald Koeman, Frank de Boer, Louis van Gaal, dan Co Adriaanse, yang juga tengah jadi bidikan KNVB. (ady/ang)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Guardiola: Banyak Pemain Spanyol Bisa Cetak Gol


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler