Gunhar Puji Ketegasan Kapolda Sumsel Menindak Pelaku Penyelundupan BBM

Minggu, 24 September 2023 – 13:55 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PDIP Yulian Gunhar. Foto: source for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Selatan (Dapil Sumsel) Yulian Gunhar memuji kinerja Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo dan jajaran yang tegas menindak penyalahguna BBM bersubsidi.

Hal itu disampaikan Gunhar setelah anggota Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel membongkar penyelundupan BBM jenis solar dan pertalite di Musi Banyuasin (Muba), Selasa (19/9) lalu.

BACA JUGA: Polda Sumsel Gagalkan Penyelundupan 81 Ton BBM Ilegal

Dalam kasus penyelundupan BBM itu, polisi mengamankan 81 ton bahan bakar minyak ilegal jenis solar dan pertalite.

"Tindakan tegas ini merupakan bentuk kerja nyata aparat kepolisian Polda Sumsel dalam memberantas penambangan, penyulingan serta distribusi BBM ilegal yang marak sejak lama," kata Gunhar dikutip dari siaran pers, Minggu (24/9).

BACA JUGA: Brigadir H Pengawal Kapolda Kaltara Tewas Tertembak di Dada, Tembus ke Jantung

Politikus PDI Perjuangan itu juga memberi apresiasi terhadap Polda Sumsel yang berkontribusi nyata dalam mengamankan pendapatan negara dari sektor migas.

Dia menyebut kebijakan subsidi selama ini banyak disalahgunakan, akibat adanya disparitas harga antara BBM bersubsidi dan nonsubsidi yang begitu jauh.

BACA JUGA: Analisis Reza Indragiri soal Pengawal Kapolda Kaltara Tewas di Rumah Dinas

"Perbedaan harga itu dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan besar, apalagi BBM hasil penambangan ilegal yang sama sekali tidak mematuhi ketentuan undang-undang, karena tidak bayar pajak dan royalti kepada negara," tuturnya.

Anggota Komisi VII DPR itu menilai dibutuhkan konsistensi dari aparat penegak hukum dalam memberantas praktik kejahatan termasuk distribusi BBM ilegal.

Mengingat, kejahatan tersebut ibarat puncak gunung es yang telah dilakukan berulang-ulang, meskipun polisi sudah berulang kali melakukan penangkapan.

"Jika pihak kepolisian di negeri ini mau dan konsisten, semua kejahatan di republik ini pasti bisa diungkap dan diberantas," ujarnya.

Gunhar menilai tindakan tegas Kapolda Sumsel dalam memberantas pertambangan tanpa izin serta distribusi BBM ilegal itu juga harus menjadi contoh yang bagus bagi semua Polda di seluruh Indonesia.

"Seharusnya pejabat-pejabat yang berkompeten seperti ini harus diberikan apresiasi oleh jajaran petinggi Polri di Jakarta atas kinerjanya," kata Gunhar.

Dia juga berpesan bahwa tugas memberantas illegal mining dan penjualan BBM ilegal di Sumsel belum berakhir.  Pihak Polda Sumsel menurutnya, harus terus siaga menindak kejahatan tersebut di wilayahnya.

"Kapolda Sumsel dan jajarannya harus tetap siaga dalam menjaga dan merawat sirkulasi dan regulasi BBM bersubsidi tepat sasaran, agar tidak disalahgunakan," pungkasnya.(fat/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler