Gunma Safari Park Jepang Ikut Hijaukan Istana Panda Indonesia

Senin, 11 November 2019 – 21:19 WIB
Direktur Taman Safari Indonesia (TSI) Frans Manansang (kiri) dan Vice President Gunma Safari Park Jepang Mr. Goto Araya (kanan) saat melakukan penanaman pohon damar. Foto dok TSI

jpnn.com, BOGOR - Masyarakat Jepang, melalui kerja sama sister park antara Taman Safari Indonesia dengan Gunma Safari Park Jepang memberikan donasi dana konservasi satwa liar sebesar 1 juta ¥ kepada Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem (KSDAE), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada Sabtu, (9/11) lalu.

Bantuan diberikan oleh Vice President Gunma Safari Park Jepang Goto Araya yang diterima oleh Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Indra Exploitasia di Istana Panda Taman Safari Indonesia.

BACA JUGA: Gisel Kecewa dan Sedih Diperlakukan Seperti Satwa di Taman Safari

Selanjutnya, donasi tersebut diserahkan kepada Taman Safari Indonesia, yang akan dikelola untuk program pelestarian satwa liar yang ada di Indonesia. Dana tersebut diterima oleh Frans Manansang selaku Direktur Taman Safari Indonesia.

"Pemberian dana konservasi ini merupakan hasil kerja sama sister park antara Taman Safari Indonesia dengan Gunma Park Jepang sejak 2000, yang diprakarsai oleh Duta Besar RI di Tokyo," ujar Frans.

BACA JUGA: Demi Menghijaukan Indonesia, KLHK Gelar Penanaman Pohon di Rumpin

Dalam kerja sama sister park tersebut TSI menyelenggarakan kegiatan Indonesia Festival dengan memperkenalkan budaya dan keanekaragaman hayati Indonesia kepada masyarakat Jepang. 

Serta mempromosikan wisata budaya dan seni Indonesia, serta meningkatkan Sumber Daya manusia baik di Gunma Safari Jepang maupun Taman Safari Indonesia.

BACA JUGA: Gisella Anastasia Merasa Diperlakukan Seperti Satwa di Taman Safari

Pada kesempatan yang sama, Tomioka Kabura Rotary Club juga menyerahkan donasi yang diberikan kepada siswa siswi Sekolah Sasar Negeri 3, Cisarua Kab, Bogor.

Seperti pada tahun tahun sebelumnya, kegiatan penyerahan donasi konservasi ini diisi dengan program  penghijauan melalui penanaman pohon. 

Dan pada tahun ini, kegiatan penanaman pohon  dilakukan di area Istana Panda Indonesia, pada Sabtu, (9/11) dengan disaksikan oelh siswa siswi SDN 3 berseragam Pramuka.

Adapun pohon yang ditanam antara lain, sirsak, damar, jambu air, dan beberapa jenis tanaman keras lainnya.

Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilakukan diberbagai Taman Nasional diantaranya,   di Taman Nasional Way Kambas-Lampung, Taman Nasional Gunung  Pangrango, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Gunung Pancar Bogor, Taman Nasional Bali Barat, Kawasan Tanjung Benoa-Bali, Nusa Penida-Kabupaten Klungkung, Kawasan Konservasi Masigit Kareumbi-Bandung dan di Lahan Perhutani, TSI-2 Jawa Timur.

Sedangkan pada 2018 lalu, Gunma safari Jepang menyerahkan donasi melalui Taman Safari Indoneisa untuk  membangun Dome Burung di lokasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Desa Bunder, Kec. Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Dome Burung tersebut diharapkan dapat sebagai tempat dan sarana  pengelolaan spesies burung–burung di Indonesia untuk menunjang program pendidikan melalui pengenalan keanekarangamanhayati Indonesia  dan sebagai sarana penunjuang program penelitian para mahasiswa dan para peneliti di Universitas Gajah Mada Yogyakarta.(chi/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler