Gunung Lokon Menggeliat

Senin, 23 April 2012 – 19:48 WIB

JAKARTA- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat terjadinya peningkatan aktivitas Gunung Lokon di Kota Tomohon, Provinsi Sulut, Senin (23/4) pukul 12:00-18:00 WITA.

"Kita mendapat laporan dari Kepala PVMBG tentang peningkatan aktifitas Gunung Lokon, yakni terjadinya kegempaan," kata Kepala Pusat Analisis Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Senin (23/4), dalam siaran persmya.

Dalam laporan Kepala PVMBG disampaikan bahwa secara visual terlihat asap kawah putih tipis setinggi 50m dari kawah Gunung Lokon, dengan aktifitas kegempaan 3 kali gempa tektonik, 11 kali gempa vulkanik dalam.

"PVMBG juga mencatat 34 kali gempa vulkanik dangkal, 3 kali gempa hembusan asap dan getaran tremor vulkanik menerus amplituda maximum 4mm," jelas Sutopo.

Peningkatan kegempaan tercatat sejak pukul 16:00 WITA hingga Senin (23/4) malam. Jika peningkatan terus berlangsung, berpotensi diikuti oleh letusan Gunung Lokon. Hingga saat ini status Gunung Lokon masih Siaga (level III).

Untuk itu, Pemkot Tomohon, BPBD Kota Tomohon dan BPBD Provinsi Sulut diminta menerapkan rekomendasi yang telah diberikan.  "Tidak boleh ada aktivitas masyarakat dalam radius 2.5 km dari Kawah Tompaluan, dan masyarakat harus meningkatkan kesiapsiagaan," kata Sutopo lagi.(Fat/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Amankan 69 Imigran Afghanistan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler