Gus Ipul dan Tumpeng Ultah Mbak Puti

Kamis, 28 Juni 2018 – 07:30 WIB
Saifullah Yusuf bersama keluarga menyoblos di TPS 03 Gayungan, Surabaya. Foto: Dite Surendra/Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Hasil quick count sejumlah lembaga atas hasil Pilkada Jatim menempatkan pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Dardak unggul, mengalahkan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno.

Kediaman Gus Ipul di kompleks The Gayungsari Regency, Surabaya, sejak pukul 14.15, pintu depan rumah tersebut tampak tertutup. Sejumlah tokoh mendatangi kediaman mantan ketua umum GP Ansor itu.

BACA JUGA: Bu Khofifah Menangis, Makin Haru saat Emil Ucapkan Doa

Selain cawagub Puti Guntur Soekarno, ada Wasekjen PDIP Ahmad Basarah, Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, dan tokoh senior PDIP Eros Djarot. Mereka menggelar pertemuan tertutup.

Sekitar pukul 16.00 Gus Ipul dan Puti keluar menemui wartawan yang menunggu sejak siang. Pada dasarnya, dia dan Puti mengapresiasi masyarakat Jatim yang sudah menggunakan hak pilih. Gus Ipul dan tim sudah mencermati hasil hitung cepat yang dirilis sejumlah lembaga survei melalui media massa.

BACA JUGA: Quick Count: Dulu Mensos, Sebentar Lagi Gubernur

”Kami menghargai dan menghormati hasil quick count tersebut sebagai suatu proses yang memang menyertai pilkada maupun pemilihan-pemilihan langsung di Indonesia,” tuturnya.

BACA JUGA: Quick Count: Tepuk Tangan untuk Khofifah - Emil

Gus Ipul sama sekali tidak menyanggah maupun membenarkan hasil hitung cepat tersebut. Dia dan Puti akan mencermati laporan-laporan dari tim yang berada di lapangan.

Laporan-laporan itu akan dianalisis. Gus Ipul berjanji segera menyampaikan hasilnya ke publik. ”Sambil menunggu proses rekapitulasi oleh KPU secara resmi,” lanjutnya.

Secara khusus Gus Ipul berterima kasih kepada para pendukung yang selama ini memberikan support. Dia meminta para pendukungnya mengikuti proses tersebut hingga tuntas.

Puti juga masih menanti hasil penghitungan resmi KPU Jatim. ”Saya juga menyampaikan kepada pendukung, dalam hal ini kader PDIP, untuk tetap semangat mengawal proses dan hasil penghitungan (suara),” ucapnya.

Cucu pertama Bung Karno dari Fatmawati itu mengaku bangga bisa berpasangan dengan Gus Ipul di pilgub Jatim. ”Untuk saya pribadi, ini suatu pembelajaran di Jawa Timur,” katanya. Dia mengapresiasi masyarakat dan para ulama yang selama ini sudah berdampingan dengan kalangan nasionalis.

Setelah menemui wartawan, Gus Ipul dan Puti langsung kembali ke dalam rumah. Istri Gus Ipul, Ummu Fatma, langsung menyambut Puti dengan pelukan erat.

Kemarin Gus Ipul menggunakan hak suaranya di TPS 03 Kelurahan Gayungan, Surabaya. Menjelang pukul 09.00, Gus Ipul yang mengenakan pakaian kombinasi putih dan hitam berangkat bersama sang istri dan anaknya. Putra Gus Ipul, Mohammad Falihuddin Daffa, menggunakan hak pilih di TPS yang sama.

BACA JUGA: Bu Khofifah Menangis, Makin Haru saat Emil Ucapkan Doa

Saat kembali ke kediaman, Gus Ipul sudah ditunggu Puti. Dalam kesempatan tersebut, Gus Ipul sekaligus merayakan ulang tahun ke-47 Puti. Fatma mengeluarkan tumpeng nasi kuning. Tidak lama kemudian, suami Puti, Joy Kameron, menyusul hadir. ”Kemarin sudah tumpengan, hari ini tumpengan lagi. Tumpeng harus dua,” ujar Gus Ipul.

Di TPS tempatnya mencoblos, Gus Ipul menang dengan selisih cukup telak. Dari 453 surat suara yang terpakai, 272 di antaranya berpihak ke Gus Ipul-Puti. Sedangkan Khofifah-Emil mendapatkan 176 suara. Di TPS tersebut juga ada 5 surat suara tidak sah. Untuk DPT, di TPS Gus Ipul tercatat ada 563 orang. (ris/byu/c9/oni)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sambil Menunggu Hasil Penghitungan, Mbak Puti Rayakan Ultah


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler