Habib Aboe: Saya Mendukung Sikap Tegas Kapolri Jenderal Listyo

Kamis, 28 Oktober 2021 – 20:51 WIB
Anggota Komisi III DPR Aboe Bakar Al Habsy. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Habib Aboe Bakar Al Habsy mendukung langkah tegas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan seluruh pimpinan di institusi Polri agar menjadi teladan bagi anggota lainnya. 

Habib Aboe bahkan tegas mendukung langkah Jenderal Listyo yang tidak segan-segan menindak tegas pimpinan di institusi Polri yang tak mampu mengelola anggota dengan baik.  

BACA JUGA: Pesan Kapolri ke Perwira: Jangan Hanya Memerintah Saja!

“Kami mendukung sikap tegas Kapolri,” tegas Habib Aboe kepada JPNN.com, Kamis (28/10) malam.

Sekretaris jenderal Partai Keadilan Sejahtera (Sekjen PKS) itu menuturkan bahwa sikap tegas seperti itu yang memang dibutuhkan pada saat ini. 

BACA JUGA: Jenderal Listyo: Kalau Tak Mampu Bersihkan Ekor, Kepalanya Saya Potong

“Ketika banyak dinamika oknum anggota yang negatif, memang diperlukan kepemimpinan yang kuat agar meningkatkan kedisiplinan personel,” jelasnya. 

Menurut dia, adanya pesan kuat dari Kapolri tersebut diharapkan setiap unit kerja dalam tubuh Polri lebih mampu mengelola personelnya dengan baik. 

BACA JUGA: Pujian Habib Aboe untuk Jokowi Soal Peresmian Perusahaan Haji Isam

“Sehingga akan dapat dihindarkan berbagai peluang tindakan indisipliner,” ungkap ketua Mahkamah Kehormatan DPR itu. 

Lebih lanjut Habib Aboe menjelaskan ada dua langkah yang bisa dilakukan untuk meminimalkan tindakan indisipliner anggota. 

Pertama, kata dia, dapat dilakukan pembinaan spiritualitas, misalnya, melalui pengajian rutin atau ceramah rohani. 

“Melalui cara ini diharapkan akan bisa meningkatkan integritas dan kinerja personel,” kata legislator Daerah Pemilihan I Kalimantan Selatan itu. 

Kedua, lanjut Habib Aboe, mengoptimalkan mekanisme pengawasan internal.

Menurutnya, hal ini akan dapat meningkatkan kepatuhan personel terhadap prosedur dan aturan internal. 

Selain itu, melalui pengawasan internal diharapkan akan bisa meningkatkan kedisiplinan anggota. 

“Kepatuhan terhadap prosedur dan kedisiplinan yang tinggi diyakini akan membuat kinerja Polri akan makin lebih baik lagi,” pungkas Habib Aboe. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyoroti banyaknya kejadian oknum polisi melakukan pelanggaran baik itu kode etik, disiplin, maupun pidana. 

Orang nomor satu di korps baju colelat ini lantas menyinggung soal kepemimpinan, baik itu polsek, polres, polda hingga tingkat pusat dengan mengutip peribahasa, 'Ikan Busuk Mulai dari Kepala'. 

"Ada pepatah, ikan busuk mulai dari kepala, kalau pimpinannya bermasalah maka bawahannya akan bermasalah juga,” kata Jenderal Listyo dalam siaran persnya, Kamis (28/10).

Dia tak ragu menindak tegas pimpinan Polri apabila tidak mampu menjadi teladan bagi jajarannya. 

Menurut dia, semua itu dilakukan untuk kebaikan institusi Polri.

"Kalau tak mampu membersihkan ekor maka kepalanya akan saya potong. Ini semua untuk kebaikan organisasi yang susah payah berjuang. Menjadi teladan, pelayan, dan pahami setiap masalah serga suara masyarakat agar bisa ambil kebijakan yang sesuai," kata Jenderal Listyo. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler