Hadapi Densus 88, Teroris Kebumen Pasang Ranjau

Kamis, 09 Mei 2013 – 16:45 WIB
JAKARTA - Kelompok terduga teroris mengerahkan segala cara untuk melakukan perlawanan terhadap Detasemen Khusus 88 Antiteror.

Di Kebumen, salah satu terduga teroris, Bayu alias Ucup yang tewas dalam baku tembak dengan Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri di Kebumen, Jawa Tengah, sempat memasang ranjau bom di rumahnya. Ini dilakukan agar pasukan Densus tidak mudah meringkusnya.

"Saat melakukan Olah TKP, ditemukan granat yang diatur sedimikian rupa dalam bentuk jebakan, bila seseorang masuk, kemudian talinya tertarik maka melukai orang yang menariknya. Pennya (bom) sudah ditarik," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Boy Rafli Amar di Jakarta, Kamis (9/5).

Menurut Boy, ranjau bom tersebut diskenariokan meledak bila seseorang membuka pintu rumah tersebut. Beruntung petugas yang melakukan olah lokasi sudah mengetahui hal itu.

"Tali dikaitkan ke pintu dan diskenariokan akan meledak bila pintu terbuka," sambung Boy.

Menurut Boy, selain menaruh ranjau, Ucup juga selama hampir 10 jam melakukan perlawanan terhadap Densus 88 Antiteror yang menggrebek tempat persembunyiannya. Ia sempat  bertahan di dalam rumah sambil melepaskan tembakan ke arah petugas yang berusaha menangkap dirinya dan dua rekannya, Bastari dan Toni.

Menurut Boy perlawanan dilakukan Ucup dkk dari pukul 20.00 WIB, Rabu kemarin, hingga pukul sekitar 07.30 WIB, hari ini hingga berhasil dilumpuhkan.

Dari penggerebekan di Kebumen polisi berhasil mengamankan tujuh orang. Empat orang ditangkap hidup dan tiga orang tewas. Empat orang yang hidup di antaranya Farel, Wagiono, Slamet, dan Budi. Sementara yang meninggal dalam penyergapan tersebut diantaranya Bastari, Toni, dan Bayu alias Ucup.

Di lokasi Densus 88 menyita barang bukti tiga senjata api revolver, 54 butir peluru, tiga bom pipa, satu granat manggis, empat motor, laptop, lima buah handphone, dua handytalky, peta, dan sketsa denah target. (flo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditawari Konvensi Capres Demokrat, Irman Gusman Pikir-pikir

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler