Hadiri Africa Day 2024 di Jakarta, Menpora Dito: Indonesia Berdedikasi Memperkuat Kolaborasi dengan Afrika

Jumat, 31 Mei 2024 – 21:02 WIB
Menpora Dito Ariotedjo menghadiri Africa Day di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (31/5). Foto: Kemenpora.

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengatakan bahwa Indonesia memiliki komitmen kuat dalam bekerja sama dengan negara-negara Afrika.  Hal itu dilakukan untuk memajukan masing-masing negara secara ekonomi, sosial, dan budaya.

Menurut Menpora Dito, komitmen tersebut telah dibuktikan Presiden Jokowi yang melakukan kunjungan kerja ke kawasan Afrika pada 2023 lalu.

BACA JUGA: Komisi X DPR Setujui Usulan Penambahan Anggaran Kemenpora Rp 2,9 T, Dito Ucapkan Terima Kasih

Adapun negara yang dikunjungi Kepala Negara saat itu, yakni Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan. 

"Indonesia berdedikasi untuk memperkuat kolaborasi dengan Afrika di tahun-tahun mendatang. Kemitraan dengan Afrika sangat penting dan semakin kuat setiap harinya, dan sangat penting bagi masa depan," katanya.

BACA JUGA: Menpora Dukung Gerbangtara, Pastikan Pembangunan IKN Selaras dengan Pemuda

Menpora Dito menyampaikan itu  menghadiri Africa Day 2024 di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (31/5).  Menpora Dito menjadi tamu kehormatan sekaligus mewakili Pemerintah Republik Indonesia dalam acara tersebut. 

"Atas nama Indonesia, saya menyampaikan salam hangat kepada negara-negara Afrika pada Hari Afrika. Indonesia mengapresiasi Uni Afrika dan negara-negara Afrika atas kemajuan dalam menghadapi sebuah tantangan," ujar Menpora Dito. Indonesia dan Afrika memiliki hubungan historis yang panjang.  Sebab, Indonesia merupakan negara penggagas dan tuan rumah Konferensi Asia-Afrika pada 1955. 

BACA JUGA: Gebrakan Menpora Dito: Angkat Pemuda 34 Tahun Jadi Asdep Kepeloporan Pemuda Kemenpora

Sementara itu, Africa Day 2024 di Jakarta berlangsung meriah.  Menpora Dito bersama Special Envoy of Seychelles Nico Barito, Dean of the Group of Africian Ambassadors accreditied to Indonesia Ouadia Benabdellah serta sejumlah tamu undangan lainnya melakukan pemotongan kue. 

Acara dilanjutkan dengan sesi makan malam. Tersedia berbagai menu beragam yang berasal dari beberapa negara, seperti Nigeria, Somalia, Afrika Selatan, Tunisia, Mesir, Zimbabwe, Mesir, Libya, dan lainnya. Pengunjung tampak berkeliling mencicipi makanan khas Afrika itu sambil menikmati pertunjukan tarian. (kemenpora/jpnn)


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler