Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Pada Mata

Kamis, 12 November 2015 – 21:42 WIB
ILUSTRASI. FOTO: India Times

jpnn.com - Mata merupakan organ pada tubuh kita yang sangat berharga. Dengan memiliki mata yang sehat, maka kita bisa melihat keindahan dunia beserta isinya. Untuk itulah kita harus menjaga dan merawat kesehatan mata agar tidak mengalami berbagai penyakit atau masalah kesehatan lainnya seperti rabun jauh, presbiopi, miopi maupun hipermetropi.

Banyak cara agar mata sehat dan terhindar dari penyakit yang bisa kita lakukan. Tidak harus mahal, mulai menjaga mata dari hal-hal kecil dan mudah seperti menjaga interaksi langsung antara mata dengan cahaya yang terlalu silau.

BACA JUGA: Cara Mudah Membantu Penderita Serangan Jantung, Stroke atau Kejang

Berikut ini beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan pada mata, seperti dilansir laman India Times, Rabu (11/11).

1. Kerja dan membaca dalam cahaya redup

BACA JUGA: Hati-hati, Terlalu Banyak Menonton TV Bisa Menyebabkan Kematian

Bekerja dan membaca di lampu redup bisa menyebabkan ketegangan mata. Untuk membuat diri Anda lebih nyaman, sebaiknya Anda bekerja dan membaca di daerah yang terang.

2. Menatap langsung ke matahari

BACA JUGA: Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Jangan menatap langsung ke matahari bahkan jika Anda mengenakan kacamata hitam UV. Sinar matahari sangat kuat dan bisa merusak bagian-bagian sensitif dari retina jika terkena sinar matahari secara langsung.

3. Tidur menggunakan softlens

Jangan pernah tidur dengan lensa kontak Anda kecuali dokter Anda secara khusus menginstruksikan Anda untuk melakukannya. Mata Anda perlu aliran rutin oksigen, terutama saat tidur.

4. Berenang menggunakan softlens

Jangan pernah berenang menggunakan lensa kontak kecuali Anda memakai kacamata renang. Air adalah tempat berkembang biak berbagai jenis parasit yang pada kasus yang berat bisa menyebabkan kehilangan penglihatan.

5. Menggosok mata Anda

Jangan pernah menggosok mata Anda terlalu sering karena bisa mematahkan pembuluh darah di bawah kelopak mata.

6. Menatap layar komputer / tablet dan ponsel terlalu lama

Jangan pernah menatap layar komputer selama berjam-jam karena bisamenyebabkan ketegangan mata dan mata kering. Batasi waktu Anda melihat komputer, tablet dan layar telepon jika memungkinkan.

7. Menggunakan obat tetes mata yang salah

Temui dokter sebelum menggunakan obat tetes mata.

8. Menggunakan makeup mata terlalu lama

Makeup Anda kemungkinan besar terkontaminasi dengan hal-hal yang bisa memengaruhi mata Anda. Buang riasan mata Anda setiap tiga bulan agar aman.

9. Tidak mengunjungi dokter mata ketika ada sesuatu yang salah dengan mata Anda

Jika ada sesuatu yang salah dengan mata Anda bahkan jika tampaknya kecil maka sangat penting untuk segera mengunjungi dokter mata Anda.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tips Mengurangi Penyakit Jantung


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler