Hamdalah, 5.000 Pemudik Mendarat di Bandara Radin Inten II

Sabtu, 24 Juni 2017 – 10:42 WIB
Pemudik. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, LAMPUNG - Pemudik yang datang ke Lampung melalui jalur udara tak kunjung sepi. Tercatat hingga pukul 20.00 WIB kemarin (23/6) sebanyak 3.455 penumpang memasuki Lampung.

Jumlah penumpang yang datang tersebut diperoleh dari 28 Penerbangan yang berhasil mendarat. Namun, masih ada 10 penerbangan yang masih dalam antrean.

BACA JUGA: Arus Mudik: Tol Pemalang – Batang Padat Lancar tapi Berdebu

Data ini diungkapkan Doni salah satu petugas posko Mudik Bandara Radin Inten II Lampung akan terus bertambah makin malam.

”Masih dalam proses pelengkapan hingga nanti malam. Belum bisa disimpulkan seberapa banyak penumpang yang datang dibandingkan kemarin (Kamis, 22/6),” ujar Doni seperti dilansir Radar Lampung (Jawa Pos Group) hari ini.

BACA JUGA: Jenderal Tito: Kalau Padat Dibuka, Kalau Sepi Ditutup

Sementara penumpang yang telah diberangkatkan sendiri sebanyak 3.300 orang. Data tersebut merupakan rangkuman dari 30 penerbangan yang telah meninggalkan Lampung.

Dominasi tujuannya ke Jakarta, sementara untuk tujuan Solo, Yogyakarta, Batam dan Bandung juga tetap ada.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Gelar Open House Bareng Wapres Jusuf Kalla

Menurut Doni, berdasarkan informasi yang dirinya dapat dari perwakilan maskapai. Belum ada informasi penundaan hingga berjam-jam seperti yang terjadi dua hari belakangan. Berdasarkan laporannya, kebanyakan maskapai mengalami traffic atau masuk antrean penerbangan.

”Data yang kami terima masih normal, belum ada informasi soal delay. Itu untuk penerbangan normal, kami belum tahu soal extra flight. Kebanyakan laporan hanya mengalami antrean untuk keberangkatan dari Bandara setempat. Karena terlalu padat,” lanjut Doni.

Jumlah pemudik tahun ini memang mengalami peningkatan. Karena jumlah penerbangan juga bertambah. Tahun lalu, 26 penerbangan berhasil mengangkut penumpang sebanyak 5.400 penumpang. Di mana kedatangan sebanyak 3300 penumpang dan telah memberangkatkan sebanyak 2.100 penumpang.

Pihak Bandara Radin Inten II Lampung diwakili Humas Wahyu Aria mengatakan puncak arus mudik memang diperkirakan jatuh pada Kamis (22/6). Karena bersamaan dengan liburnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) serempak di seluruh Indonesia.

”Prediksi kami puncak kemarin (Kamis, 22/6). Kalau untuk hari ini kami belum tahu. Karena belum ada rekapitulasi penerbangan. Belum bisa dipastikan jumlahnya,” ujar Wahyu.

Pada Kamis (22/6) tercatat sebanyak 5.606 penumpang memasuki Lampung. Sementara Bandara ini juga telah memberangkatkan 3.412 penumpang.

Peningkatan jumlah penumpang ini hampir 50 persen. Karena tahun lalu bandara ini hanya mendatangkan pemudik sebanyak 3.501 penumpang dan memberangkatkan 2.296 penumpang dari 26 penerbangan.

Sementara pada Rabu (21/6) Bandara Nasional ini telah menerima kedatangan 5.138 penumpang dari berbagai daerah. Dewasa masih memenuhi tempat sebanyak 4.666 orang, anak 274 orang dan bayi 168 orang.

Untuk keberangkatan sebanyak 3.785 penumpang dengan rincian dewasa sebanyak 3.471 penumpang, anak 232 penumpang dan bayi 82 penumpang. (rma)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Besok Lebaran? Sabar ya, Tunggu Keputusan Resmi Pemerintah


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Arus Mudik   Lebaran   Lampung  

Terpopuler