Hamdalah, dr Reisa Punya Kabar Gembira soal Indonesia

Sabtu, 25 September 2021 – 15:15 WIB
Reisa Broto Asmoro. Foto: Humas BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menyampaikan kabar menggembirakan.

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru itu menyatakan Indonesia masuk daftar 10 besar negara dengan capaian vaksinasi Covid-19 terbanyak di dunia.

BACA JUGA: Reisa Minta Masyarakat Segera Vaksin, Segalanya Jadi Mudah

Figur publik berlatar belakang dokter itu menuturkan saat ini pemberian vaksin Covid-19 dosis pertama di Indonesia sudah menjangkau 40 persen dari 208.265.720 orang yang menjadi target vaksinasi. Adapun vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 22,73 persen.

“Alhamdulillah, puji Tuhan, Indonesia sudah melampaui target sepuluh persen, bahkan sudah mencapai benchmark atau target 40 persen pemberian dosis pertama pada pekan ini,” ujar Reisa dalam konferensi pers yang disiarkan akun Sekretariat Presiden di YouTube, Sabtu (25/9).

BACA JUGA: Jokowi Minta Mahasiswa Ikut Sukseskan Vaksinasi Merdeka

Menurut dia, pemerintah terus bekerja keras dalam mempercepat vaksinasi sehingga Indonesia masuk kategori baik dalam hal penyuntikan vaksin Covid-19.

"Pemerintah Indonesia dengan gencar menyediakan stok vaksin dan mendistribusikannya," kata wakil Indonesia di ajang Miss International 2010 di Tiongkok itu.

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Rekomendasikan PeduliLindungi di PON Papua

Reisa menjelaskan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan target capaian dan waktu pelaksanaan vaksinasi secara global. Perinciannya ialah vaksinasi pada September tahun ini menjangkau 10 persen dari populasi di setiap negara.

Vaksinasi ditargetkan menjangkau 40 persen populasi dunia pada akhir 2021. Pemberian vaksin Covid-19 ditargetkan mencapai 70 persen pada pertengahan 2022.

Reisa mengungkapkan 43,9 persen populasi dunia telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19. Setiap hari sekitar 28,15 juta dosis vaksin disuntikan kepada penduduk dunia.

Dokter alumnus Universitas Pelita Harapan (UPH) itu  mengatakan sejauh ini sudah 6,03 miliar dosis vaksin yang disuntikkan di seluruh dunia.

Reisa juga mengatakan bahwa per 24 September 2021, pemerintah telah menerima lebih dari 273,6 juta dosis vaksin baik melalui jalur pembelian langsung, skema Covis-19 Vaccines Global Access (Covax), dan hibah dari negara-negara sahabat.

“Dari Januari sampai dengan September 2021, pemerintah sudah menyalurkan lebih dari 179,8 juta dosis ke seluruh penjuru Indonesia,” tutur Reisa.(ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Antoni
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler