Hamilton Tidak Tersaingi di Latihan GP Malaysia

Sabtu, 24 Maret 2012 – 12:43 WIB
SEPANG  - Sukses meraih pole tapi gagal meraih kemenangan di Australia mungkin membakar ambisi Lewis Hamilton di Grand Prix Malaysia. Dalam babak latihan kemarin (23/3), pembalap McLaren-Mercedes itu mencatat waktu yang sulit dikejar pesaing.

Setelah dua sesi masing-masing 90 menit, Hamilton mencatat waktu terbaik, mengitari Sirkuit Sepang sepanjang 5,5 km dalam waktu 1 menit dan 38,021 detik. Dia melaju setengah detik lebih cepat dari pesaing terdekat!

Kemarin, juara dunia tujuh kali Michael Schumacher mencatat waktu terbaik kedua, 1 menit dan 38,533 detik. Catatan pembalap senior Mercedes GP itu sangat mirip dengan Sebastian Vettel (Red Bull-Renault) dan rekan setim Hamilton, Jenson Button.

Dengan hasil latihan ini, sulit membayangkan ada yang bisa menghalangi Hamilton meraih pole position dalam babak kualifikasi Sabtu hari ini (24/3). Kecuali cuaca tiba-tiba hujan, atau mobil McLaren yang dikendarai Hamilton mengalami masalah.

Usai latihan, Hamilton dengan mantap menyatakan target merebut posisi start terdepan. "Di sini, menyalip sedikit lebih mudah daripada di Melbourne (Australia, Red). Meski demikian, start dari depan tetaplah posisi terbaik untuk lomba. Dan itu yang akan saya kejar besok (hari ini, Red)," ujarnya.

Para pesaing sendiri merasa tak yakin bisa merebut pole. Schumi, julukan Michael Schumacher, misalnya. "Saya pikir kami hanya akan bertarung berebut posisi start kelima," katanya.

Kata Schumi, pihaknya kemarin lebih fokus pada performa lomba. Belajar dari GP Australia Minggu lalu (18/3), percuma meraih posisi start istimewa kalau performa lombanya mengecewakan.

Sebastian Vettel, juara dunia 2010 dan 2011, juga tak yakin bisa menyaingi Hamilton. "McLaren terlihat begitu kuat hari ini (kemarin, Red), pagi maupun sore," ucapnya.

Vettel berharap, andai gagal mencuri pole, pihaknya bisa bersaing dengan McLaren saat lomba berlangsung. Seperti yang terjadi di Australia, ketika dia berhasil finis di urutan kedua.

"Saya kira kami lebih dekat (ke McLaren) dalam hal long run. Jadi kita lihat saja nanti apa yang bisa kita lakukan," lanjutnya.

Bagi penggemar Ferrari, babak latihan kemarin kembali memberi perasaan khawatir. Fernando Alonso hanya mampu meraih urutan tujuh, sedangkan Felipe Massa terseok di urutan 17. Padahal, di Malaysia, Ferrari mendatangkan sasis baru khusus untuk Massa, agar pembalap Brazil itu merasa lebih nyaman.

Sebagai tamparan tambahan, catatan waktu Alonso dikalahkan oleh pembalap muda Australia, Daniel Ricciardo. Dia di urutan enam dengan mobil Toro Rosso-Ferrari. Berarti, Ricciardo-lah pemakai mesin Ferrari tercepat di Sepang kemarin!

Untuk sementara, kubu Kuda Jingkrak terus mencoba untuk menenangkan semua pihak.

"Tentu saja kami kecewa dengan performa mobil. Tapi merasa kecewa saja tidaklah menolong. Saya meminta seluruh engineer untuk bekerja dengan fokus, karena itulah kewajiban mereka," kata Stefano Domenicali, pimpinan Ferrari.

Mungkin, Ferrari benar-benar membutuhkan hujan untuk mencuri hasil istimewa di Malaysia. Kemarin, hujan tidak turun saat latihan, tapi langit sempat sangat mendung. Untuk babak kualifikasi dan lomba, sampai kemarin hujan masih diprediksikan turun. (aza)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Fergie: City Putus Asa

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler