Hancurkan Laos 4-0, Timnas Indonesia Lolos Semifinal SEA Games 2019

Kamis, 05 Desember 2019 – 17:44 WIB
Pemain Timnas Indonesia Saddil Ramdani (kedua kiri) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya seusai mencetak gol ke gawang Laos. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp

jpnn.com, CAVITE - Timnas Indonesia menghajar Laos 4-0 dalam laga pemungkas Grup B SEA Games 2019 di Imus Grandstands, Filipina, Kamis (5/12).

Kemenangan itu mengantar Skuad Garuda Muda lolos ke semifinal.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Vs Laos: Saddil Bawa Garuda Muda Unggul Hingga Turun Minum

Gol kemenangan Indonesia dihasilkan oleh Saddil Ramdani menit kelima, Osvaldo Haay (47' dan 90') dan Bagas Adi (72').

Dalam laga ini, Laos memang terlihat ingin mengamankan gawangnya dari banyak gol. Dari susunan pemain, tampak ada enam nama pemain bertahan yang diturunkan bersama-sama.

BACA JUGA: Pengakuan Pelatih Timnas Brunei Darussalam U-23 Usai Dibantai Indonesia di SEA Games 2019

Strategi itu berbanding terbalik dengan yang dilakukan Garuda Muda dengan total menyerang. Sayangnya, permainan ofensif Indonesia itu tak membuahkan banyak gol di babak pertama.

Sampai babak pertama usai, Indonesia baru bisa mencetak satu gol melalui kaki Saddil Ramdani pada menit kelima. Setelah gol itu, Indonesia memang mampu menciptakan beberapa peluang lagi, tetapi sampai turun minum belum ada gol tercipta.

BACA JUGA: UAS Bercerai, Fahri Hamzah Bikin Twit Begini

Pada babak kedua, pemain Indonesia terlihat lebih tenang. Entah apa wejangan Indra Sjafri di ruang ganti, yang pasti Indonesia bisa bangkit dan tampil berbahaya.

Benar saja, baru dua menit Osvaldo Haay mengubah kedudukan. Target awal menang 2-0 sudah ada di depan mata tercapai.

Permainan Indonesia tampak lebih tenang dan lepas. Dominasi tinggi ditunjukkan, hingga akhirnya lawan harus pontang-panting menghentikan pemain Indonesia.

Penalti. Indonesia mendapat hadiah sepakan 12 pas setelah pelanggaran dilakukan kepada Sani Rizki Fauzi. Sepakan Bagas sempat ditepis, tetapi akhirnya bola rebound bisa disepaknya kembali untuk menjadi gol.

Indonesia terus mendapatkan peluang sampai akhirnya Osvaldo Haay menutup skor laga ini menjadi 4-0.

Indonesia dengan kemenangan ini meraup tiga poin. Total poin Indonesia di Grup B mencapai 12 poin. Namun, itu tak cukup membawa Indonesia ke puncak klasemen karena di waktu yang sama, Vietnam bisa menahan imbang Thailand 2-2.

Skor imbang itu membuat Vietnam mengoleksi 13 poin, sementara Thailand ada di posisi ketiga dengan sepuluh poin. Artinya, Vietnam lolos ke semifinal sebagai juara grup dan Indonesia runner up. (dkk/jpnn)


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler