Hansamu Kirim Kode ke Persebaya, Sudah Deal dengan Barito?

Kamis, 03 Januari 2019 – 06:56 WIB
Bek Barito Putera Hansamu Yama (depan). Foto: Arif Subekti/Radar Banjarmasin/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Hansamu Yama Pranata termasuk salah satu pemain yang diharapkan bonek bisa digaet Persebaya musim ini.

Wajahnya menjadi salah satu diantara empat pemain yang tergambar dalam koreo di Gelora Bung Tomo (GBT) saat pertandingan lawan PSIS Semarang (8/12) lalu.

BACA JUGA: Barito Santai di Bursa Transfer setelah Rekrut Evan Dimas

Selain wajah Hansamu, ada Andik Vermansyah, Evan Dimas Darmono, dan M. Taufiq. Ketiga pemain tersebut lepas bidikan. Andik bergabung dengan Madura United, Evan memilih Barito Putera, dan Taufiq tetap bertahan di Bali United. Satu-satunya harapan Bonek adalah Hansamu.

Kontrak Hansamu dengan Barito Putera sendiri berakhir bulan ini. Kapten timnas Indonesia U-23 itu sempat mengirim sinyal untuk bergabung dengan Green Force. Hal itu terlihat dari unggahan instagram storiesnya.

BACA JUGA: Madura United Miniatur Timnas, Persebaya Bikin Bonek Cemas

Hansamu menulis kalimat warna hijau dengan latar belakang hitam yang bertuliskan “Siap untuk tantangan baru? Kenapa tidak !” Nah, warna hijau itulah yang diyakini sebagai kode untuk tim Persebaya.

Menanggapi hal itu Asisten Manajer Barito Putera Syarifuddin Ardasa bersikap tenang. “Saya tahu banget karakter dia (Hansamu) memang suka begitu. Jadi, saya sangat paham,” kata Syarifuddin kepada Jawa Pos.

BACA JUGA: Kecewa, Fandry Imbiri Sebut Manajemen Persebaya Tidak Serius

“Sejauh ini anak-anak di Barito itu komitmen kok dengan apa yang diomongkan pada kami. Kami hargai dan percayai itu.”

Syarifuddin yakin Hansamu tetap bertahan di tim berjuluk Laskar Antasari itu. Pihaknya sudah melakukan komunikasi dan Hansamu pernah bilang sendiri.

”Sesuai dengan skema awal. Dia (Hansamu) adalah salah satu pemain yang akan kami pertahankan. Itu juga sesuai dengan arahan pelatih. Kami sangat yakin dia menghormati komitmennya sejak awal,” ujar Syarifuddin.

Namun, Syarifuddin mengatakan belum ada kesepakatan hitam di atas putih dengan pemain kelahiran Mojokerto, 16 Januari 1995 itu.

“Tapi bahasanya sudah deal. Dari komunikasi lisan saja. Kebetulan Pak Hasnuryadi (Sulaiman) sedang umrah. Jadi, menunggu beliau datang. Hansamu sendiri pernah bilang kok (bertahan),” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh pelatih Barito Jacksen F. Tiago. Hansamu merupakan salah satu pemain yang dia rekomendasikan untuk musim depan. “Iya, dia akan dipertahankan. Sesuai skema,” ucap pelatih asal Brasil itu.

Sementara itu Persebaya Surabaya masih belum memberikan kepastian terkait status Hansamu. Selain menjadi pemain incaran dan mewujudkan keinginan Bonek, kehadiran Hansamu diproyeksikan mengganti posisi Fandry Imbiri yang hengkang ke Madura United.

Kehadiran Hansamu memang dinantikan tak terkecuali oleh pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman. “Iya. Dia salah satu pemain yang saya rekomendasikan untuk musim depan,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Namun, Djanur belum bisa berkomentar banyak. “Biar manajemen yang umumkan resmi. Tapi arah ke situ (bergabung) ada.”

“Manajemen belum bisa berkomentar. Kita lihat saja nanti perkembangannya seperti apa,” ucap Sekretaris Persebaya Ram Surahman. (gil)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fandry Imbiri Hengkang Karena Kecewa


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler