Hanya Mau Lepas Ronaldo Seharga Rp 2,47 Triliun

Jumat, 14 September 2012 – 08:11 WIB
MADRID-Gonjang-ganjing seputar nasib Cristiano Ronaldo terus memanas. Bukan rahasia lagi kalau Ronaldo sudah tidak betah membela Real Madirid dan ingin hengkang akhir musim ini.

Pemain termahal dunia tersebut berkali-kali membantah bahwa persoalannya bukan terkait dengan uang. Ronaldo selama ini hanya mengatakan bahwa dia tidak kerasan di Santiago Bernabeu karena persoalan profesional.   "Saya hanya merasa sedih. Pihak klub tahu soal itu, "  ucap Ronaldo kepada Marca.  

"Saya ingin menegaskan lagi. Meski masih ada yang mengganjal dalam kontrak, namun saya akan fokus untuk memenangi setiap pertandingan dan sebanyak mungkin trofi,   tulis Ronaldo diakun Facebook miliknya.    

Pernyataan Ronaldo itu membuat sejumlah Media Spanyol terus berspekulasi bahwa ikhwal kegusaran pemain 27 tahun itu erat kaitannya dengan soal gaji. Saat ini, Ronaldo hanya menempati peringkat sepuluh pemain dengan gaji termahal dunia.

Mantan pemain Manchester United tersebut   hanya   menerima gaji EUR 10 juta (Rp 119,87 miliar) pertahun. Jumlah itu hanya separuh dari yang diterima Samuel Eto'o dari Anzhi Makhachkala yakni EUR 20 juta (Rp 239, 75 miliar).

Rekrutan baru klub Prancis Paris Saint Germain (PSG) Zlatan Ibrahimovic juga mendapatkan upah yang jauh di atas Ronaldo dengan EUR 14,5 juta (Rp 173,81 miliar). 

Sejatinya, problem utamanya bukanlah gaji, namun kebijakan pajak Pemerintah Spanyol yang sangat mencekik. Tahun ini, Spanyol menaikkan prosentase pajak dari 24 persen menjadi 52 persen. Artinya, jika Ronaldo meminta digaji EUR 15 juta, sebenarnya Real Madrid harus membayar EUR 23 juta pertahun termasuk pajak.

Kondisi inilah yang kemudian menjadi polemik. Paska membela Portugal melawan Luxembourg dan Azerbaijan di Kualifikasi Piala Dunia 2014, Ronaldo langsung mengadakan pertemuan dengan Pelatih Real Jose Mourinho. Mereka berbicara empat mata selama dua jam untuk mencari solusi terkait masalah ini sebelum memulai latihan.

Selain itu, Ronaldo juga akan bertemu dengan Presiden Real Florentino Perez. "Saya yakin Ronaldo tidak akan meninggalkan Bernabeu (kandang Madrid, red),"  ucap Perez seperti dilansir ABC News.

Kalaupun harus menjual Ronaldo, Perez tidak akan melepas dengan harga murah. Pria berusia 65 tahun itu membandrol pemainnya dengan harga EUR 200 juta (Rp 2,474 triliun).

Jumlah itu dua kali lipat dibandingkan saat Real mentransfer Ronaldo dari Manchester United dengan harga EUR 100 juta pada 2009 silam.

Kabarnya, dua klub kaya baru Azhi Makhachkala dan PSG terus menggoda Ronaldo untuk pindah. Kedua klub sudah siap dengan dana raksasa sebesar EUR 20 juta untuk membayar gaji Ronaldo. (nur)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dzumafo Janji Koleksi Gol untuk Maung

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler