Hapus Kutukan Kalah

Rabu, 08 Februari 2012 – 08:40 WIB

JOGJA-Persija Jakarta akhirnya mengukir kemenangan atas Persipura Jayapura. Mereka sukses menggebuk sang juara bertahan dengan skor 1-0 di Stadion Mandala Krida, Jogjakarta, kemarin sore (7/2). Satu-satunya gol kemenangan tim Macan Kemayoran, Julukan Persija, dicetak oleh Bambang Pamungkas dari titik putih pada menit ke-44. 

Keberhasilan ini tentu menjadi catatan tersendiri bagi Persija. Sebab, sejak ajang liga Indonesia musim kompetisi 2005-2006, tim asal Ibu Kota tersebut tak mampu meraih satu kemenangan pun dari tangan Persipura. Rekor terbaik selama tujuh tahun terakhir adalah mampu menahan imbang Persipura sebanyak dua kali.

Keberhasilan ini pun sangat disyukuri oleh Pelatih Iwan Setyawan. Kekalahan yang didapat Persija di dua laga sebelumnya akhirnya terhapus dengan kemenangan ini.  "Target kami tercapai, tim tidak membuang poin lagi saat main di kandang. Saya juga senang akhirnya Persija mengapus rekor buruk jika bertemu Persipura," katanya saat ditemui setelah pertandingan usai.

Iwan tidak menampik jika secara permainan timnya masih kalah dengan Persipura. Pasalnya, selama 2x 45 menit pertandingan, Persipura terlihat cukup mendominasi dan membuat pertahanan Persija terkurung dalam tekanan.

Terlepas dari baiknya penampilan lini belakang Persija yang tak diperkuat Fabiano Beltrame, Dia menyebut jika kemenangan timnya lebih karena faktor keberuntungan.
"Ada faktor luck juga. Cuma, saya salut itu dibarengi dengan kerja keras dari pemain untuk mempertahankan keunggulan," tuturnya.

Sementara itu, pelatih Persipura Jacksen F. Tiago tak mampu menyembunyikan kekecewaannya. Dominasi permainan dan serangan bertubi yang dilakukan oleh anak didiknya ternyata tak membuahkan hasil. Dia juga menyebut kemenangan yang dicapai oleh Persija juga tak bsai dilepaskan dari keberuntungan karena dari peluang minim bisa mendapatkan gol.

"Anak-anak kurang dalam finishing. Kerja sama yang bagus di babak pertama tak berlanjut di babak kedua. Mereka terlalu individual sehingga peluang emas banyak terbuang percuma," kata pelatih asal Brazil tersebut.

Ya ,gol yang didapat oleh Persija memang berbau beruntung. Pemain Persipura yang memborbardir Gawang Persija dari menit pertama, selalu gagal. Tapi, saat pemain Persija melakukan serangan balik, Persipura terlihat kaget dan telat menutup pergerakan pemain lawan.

Nah, upaya defender Persipura Bio Pauline untuk menutup bola di dalam kotak penalti ternyata menyentuh tangannya.  Akibatnya, wasit Hadi Suroso memberikan hadiah penalty yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Bambang.

Berbeda dengan pemain Persipura yang bisa menerima hasil dan menyelesaikan pertandingan dengan sportif. Pendukung  Persipura ternyata tak mampu menahan emosinya. Terbukti, saat pertandingan memasuki menit ke-86, mereka memancing keributan dengan menyerang Jakmania, suporter Persija.

Untungnya, keributan yang terjadi sekitar 15 menit ini hanya terjadi di dalam Stadion dan tidak sampi merembet ke luar stadion. Tapi, korban luka di kedua belah pihak akibat kerusahan ini tak bisa dihindarkan.

Dengan hasil ini Persipura dipastikan kehilangan kursi pimpinan klasemen sementara ISL. Sebab di pertandingan lain seteru mereka Persiwa Wamena sukses menahan PSPS Pekanbaru. Dua tim Papua ini sebenarnya sama-sama mengumpulkan 24 poin dari 11 laga, namun Persiwa unggul selisih gol.

Persija sendiri berhasil mendongkrak posisinya ke posisi ketujuh klasemen dengan rraihan 16 angka dari sembilan pertandingan. Dengan demikian peluang tim ibukota untuk menjadi juara ISL kembali terbuka. (aam/hrp)

SUSUNAN PEMAIN
Persija: Andritany Ardiyasa (GK), Ismed Sofyan, Precious Emuejeraye, Leo Saputra, Ngurah Nanak, Amarzukih, Johan Juansyah (Ramdani Lestaluhu), Robertino Pugliara, Octavianus (Rahmat Afandi), Bambang Pamungkas (C) (Hasim Kipuw), Pedro Javier

Persipura: Yoo Jae Hoon (GK), Bio Paulin, Ricardo Salampessy, Yohanis Tjoe (David Laly), Ortizan Solossa, Ian Louis Kabes, Yustinus Pae (Lukas Mandowen), Gerald Pangkali (C), Zah Rahan, Titus Bonai, Alberto Goncalves
Data Fakta:
Stadion Mandalakrida
Jumlah Penonton 20 ribu orang
Wasit Hadi Suroso asal Semarang

Persija:
Offside : 1
Tendangan Bebas: 9 kali
Tendangan Pojok 2 kali
Kartu kuning: Robertino Pugliara menit 78
Gol: Bambang Pamungkas menit 44 pinalti
Pergantian pemain: masuk Ramdani Lestaluhu keluar Johan Juansyah menit 49, masuk Rahmad Afandi keluar Octavianus menit 81, masuk Hasyim Kipuw keluar Bambang Pamungkas menit 89.

Persipura:
Offside: 0
Tendangan bebas: 8 kali
Tendangan pojok: 4 kali
Kartu kuning: Bio Paulin Pierre menit 44.
Gol: 0
Pergantian pemain: masuk Lukas Mandoen keluar Yustinus Pae menit 56, masuk David Lally keluar Yohanes Tjoe menit 72, masuk Imanuel Wanggai keluar David Lally menit 83.
BACA ARTIKEL LAINNYA... Kritik FA, Ferguson Dukung Capello-Terry


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler