Haramkan Biaya Kuliah PTAIN Naik

Selasa, 22 Mei 2012 – 06:12 WIB

JAKARTA - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Nur Syam telah memberikan wanti-wanti bagi rektor Perguruan Tinggan Agama Islam Negeri (PTAIN) se Indonesia. Agar tidak menaikan biaya kuliah bagi mahasiswa pada tahun ajaran baru.

Nur Syam menegaskan kenaikan biaya kuliah  itu memiliki landasan hukumnya. Tidak bisa hanya keputusan rektor semata. Karena biaya kuliah di perguruan tinggi negeri berpegang pada sejumlah peraturan.

"Saya ingatkan tidak boleh ada biaya SPP kuliah yang naik. Tidak dibenarkan kalau ada kenaikan biaya SPP," tutur Nur Syam disela kesibukannya di Jakarta, Senin (21/5).

Dia mengakui dalam aturannya biaya SPP kuliah disetiap perguruang tinggi bisa berbeda-beda. Tetapi tetap dalam koridor peraturan yang berlaku. Terutama pada biaya SPP untuk beberapa fakultas tertentu.

Disebutkan Nur Syam tarif SPP saat ini bervariasi, mulai dari Rp. 600 ribu sampai Rp. 1,2 juta per semester. Perbedaan tersebut memang masih dibenarkan, sesuai dengan surat edaran Presiden.  "Itulah kenapa SPP tak boleh naik, karena ada surat edaran Presiden. Jadi tidak boleh rektor PTAIN menaikan SPP," tuturnya.

Menurutnya pengaturan kenaikan itu hanya membahas soal SPP saja. Artinya rektor bisa mencari celah untuk mendapatkan sumber pendanaan lainnya. Melalui pungutan yang tidak melwan aturan.

Dia menambahkan sampai saat ini belum ada laporan SPP PTAIN yang naik. Tetapi bisa saja rektor melakukan tindakna yang tak terpuji itu. "Ya..kalau ada bakal diperingatkan. Kan memang tidak boleh naik," jelasnya.

Ditanya soal jumlah calon mahasiswa baru yang berminat masuk PTAIN, Nur Syam memastikan masih cukup tinggi. Tak dipungkiri PTAIN itu menjadi tujuan melanjutkan study bagi sejumlah pelajar. Grafik peminatnya pun terus melonjak.

Dia berharap terus bertambhnya minat calon mahasiswa baru itu dapat memberikan pengaruh besar bagi PTAIN. Setidaknya seluruh PTAIN berusaha meningkatkan kualitas pengajaran dan pendidikannya. Agar lulusan PTAIN dapat memiliki peran besar bagi masyarakat setelah lulus.

Nur Syam mengatakan, saat ini jumlah PTAIN seluruh Indonesia mencapai 52 unit. Tahun ini ada penambahan satu lagi yaitu STAIN Gajah Putih Takengon, di Kabupaten Aceh Tengah. Dari seluruh kampus tadi, kuota mahasiswa baru tahun ini sekitar 12 ribuan. (rko)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Biaya Kuliah Tak Boleh Mahal


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler