Harapkan FIFA Tindak Sikap Rasis Pendukung Malaysia

FPPP DPR Desak Pemerintah Segera Bersikap

Jumat, 30 November 2012 – 14:41 WIB
JAKARTA - Komisi X DPR yang membidangi olah raga merasa prihatin dengan tindakan supporter Malaysia yang melecehkan pendukung Timnas Indonesia sebagaimana beredar melalui situs YouTube. Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP), Tengku Mohammad Faisal Amin, menegaskan bahwa pemerintah harus segera merespon atas tindakan supporter Malaysia itu.

Menurutnya, Kedutaan Besar RI di Malaysia harus segera turun tangan. "Ejekan para suporter Malaysia kepada Indonesia yang beredar di situs YouTube harus disikapi tegas oleh pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga. Kedutaan Besar Indonesia untuk Malaysia juga harus menanyakan hal itu," kata Faisal di Jakarta, Jumat (30/11).

Bahkan Faisal menilai seharusnya tak hanya pemerintah yang perlu turun tangan soal ejekan oleh supporter Malaysia itu. Ditegaskannya, Organisasi Sepakbola Dunia, FIFA juga harus turun tangan.

Menurut Faisal, ejekan oleh suporter Malaysia itu sudah rasis dan diskriminatif. "Karena secara nyata telah melanggar Artikel 58 tentang Kode Disiplin FIFA yang memuat tentang diskriminasi dan rasis dalam sepakbola," cetusnya.

Meski demikian Faisal berharap masyarakat Indonesia baik yang di Tanah Air maupun di Malaysia tetap tenang dalam merespons tayangan tersebut. "Khusus untuk suporter Indonesia yang berada di Stadion Bukti Jalil yang akan menyaksikan laga Indonesia-Malaysia dalam ajang AFF, besok (1/12) besok, agar tetap menampilkan wajah Indonesia yang santun dan beradab," pungkasnya.(ara/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bontang FC Juara Play Off IPL

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler