Hardiono Bangga Prajurit Kopassus

Kamis, 11 April 2013 – 07:32 WIB
PUDAKPAYUNG -- Suasana heroik dan emosional, mewarnai pelepasan mantan Pangdam IV Diponegoro Mayjen Hardiono Saroso; dan penyambutan Pangdam IV Diponegoro yang baru, Mayjen Sunindyo di Makodam IV Diponegoro Semarang.

Dalam kesempatan tersebut, Mayjen Hardiono Saroso mengaku bangga dan menaruh hormat kepada 11 anggota Kopassus yang bersikap kesatria.

"Saya bangga terhadap prajurit yang saat ini masih dilakukan pemeriksaan. Mereka itu telah memberikan contoh kepada saya dan saya harus memberikan semuanya: jabatan, karir bahkan nyawa saya berikan untuk negara RI untuk soliditas satuan yang tidak bisa tergoyahkan," ungkap Mayjen Hardiono Saroso, kemarin.

Pisah sambut dilakukan di serambi kehormatan Makodam IV/Diponegoro, Watugong.  Disinggung rencana pemeriksaan, Hardiono mengaku belum diperiksa. "Itu nantilah, saya belum diperiksa," katanya.

Pangdam IV Diponegoro yang baru, Mayjen Sunindyo mengatakan, sebagai pejabat yang baru, ia sangat berterima kasih  atas kepercayaan dari pimpinan, dan akan melaksanakan tugas dengan baik.

Terpisah, Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat telah menyiapkan 12 penasihat hukum untuk 11 tersangka kasus penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

"Mereka itu tersangka telah didampingi 12 penasihat hukum dari Mabes TNI," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IV Diponegoro, Kolonel (Inf) Widodo Raharjo di Makodam, kemarin.

Dikatakan, 12 penasihat hukum  dalam satu tim, yang diketuai Kolonel CHK Rukman SH. Penyidikan di Pomdam, beber Kapendam, melibatkan 38 penyidik. Terdiri atas 3 perwira Pusat Polisi Militer (Puspom) dan 35 perwira Polisi Militer Kodam (Pomdam) IV Diponegoro dari wilayah Detasemen Polisi Militer (Denpom) Semarang, Jogja, dan Solo.

Sedangkan proses penyidikan penyerangan Lapas Cebongan yang diduga dilakukan oleh 11  anggota Kopassus, tengah dalam proses. "Sampai saat ini hasilnya belum bisa disimpulkan karena masih dalam proses penyidikan," kata Widodo.

Beberapa pejabat di Kopassus grup II juga telah diperiksa sebagai saksi. Salah satunya Komandan Grup 2 Kopassus, Letkol Maruli. Beberapa saksi lain juga diperiksa. Mereka petugas Lapas II B Cebongan, Sleman. Jumlahnya 11 orang. Kemarin, penyidik memeriksa 31 warga Lapas Cebongan. (hid/fth/isk/ce1)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Konvensi Capres PD Akan Senasib KLB

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler