Hari-H Rakernas PDIP, Bu Mega Berikan Pidato Politik hingga Peresmian Bioskop Keliling

Jumat, 29 September 2023 – 09:59 WIB
Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV bertema Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia dengan subtema Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia yang dilaksanakan di Jakarta International Expo atau JIExpo, Kemayoran, pada Jumat (28/9) sampai Minggu (1/10).

Acara pembukaan pada Jumat ini dibuka dengan protokol partai yang menghadirkan Bendera Merah Putih dan Panji-panji Kehormatan Partai dan dibawa paskibra.

BACA JUGA: Tinggalkan PDIP, Kirana Larasati Kini Dukung Prabowo Jadi Pemimpin Pemersatu Bangsa

Selanjutnya, Rakernas IV dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu mengheningkan cipta oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Acara kemudian dilanjut dengan pembacaan Teks Pancasila, kemudian peserta menyanyikan Mars serta Himne PDIP dan Dedication of Life.

BACA JUGA: Anies-Cak Imin Satu Forum dengan Habib Rizieq, Basarah PDIP Singgung soal Kedaulatan

Acara lalu dilanjutkan dengan pidato politik Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, berikutnya Bakal Capres Ganjar Pranowo, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan peresmian Mobil Bioskop Keliling PDIP. Para hadirin nanti bakal dipertontonkan film dari kendaraan tersebut.

BACA JUGA: Hasto Pastikan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin Hadir di Pembukaan Rakernas IV PDIP

Pada acara ini, hadir juga 4 ribu petani dari berbagai daerah di Indonesia. Sejalan dengan itu, ada juga pameran pangan.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan hadir dalam pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV PDI Perjuangan (PDIP) pada Jumat, 29 September 2023, di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kabar kehadiran Presiden Jokowi disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto saat meninjau persiapan venue Rakernas IV, Kamis (28/9).

Dalam kesempatan itu, Hasto turut didampingi oleh Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Ketua Komisi IV DPR dari Fraksi PDIP RI Sudin.

"Jadi, yang diundang tentu saja dari Bapak Presiden Jokowi, Mas Pramono Anung (Sekretaris Kabinet) telah melakukan konfirmasi bahwa beliau berkenan hadir," Hasto.

Hasto pun mengatakan bahwa Wakil Presiden KH Maruf Amin serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju juga akan hadir.

Namun, dia menyadari bahwa pembukaan Rakernas IV PDIP ini bertepatan pada hari kerja. Sehingga, tidak semua menteri Kabinet akan hadir langsung dalam acara tersebut.

"Ada juga Bapak Wapres KH Maruf Amin, para menteri kabinet Indonesia Maju, karena hari kerja sehingga tidak semuanya kami undang, yang menjadi sahabat-sahabat PDIP dan juga tentu saja aspek emosional bonding dengan PDIP akan hadir," sambung Hasto.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu menuturkan  Rakernas IV juga dihadiri ketua, wakil, dan sekretaris PDIP setingkat provinsi/kabupaten hingga anggota DPR RI.

"Seluruh kader partai di seluruh Indonesia ketua, wakil, sekretaris, bendahara DPD, dan DPC serta anggota DPRD tingkat provinsi/kabupaten serta anggota DPR RI juga hadir," ucap Hasto.

Dia menyebut seluruh kader dari unsur tiga pilar partai yaitu struktur, eksekutif, dan legislatif akan hadir langsung di lokasi acara. (ast/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persiapan Sudah Matang, Rakernas IV PDIP Siap Digelar


Redaktur : Fathan Sinaga
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler