Hari ini, Dua Balon Dipastikan Mendaftar

Minggu, 25 November 2012 – 08:21 WIB
PURWOKERTO-Teka-teki siapa yang akan maju dalam perebutan kursi Banyumas 1 dan 2 semakin terang. Setelah dua bakal pasangan calon independen resmi mendaftar, pada hari terakhir pendaftaran ini (25/11) dua bakal calon dari partai politik (Parpol) dipastikan akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyumas.

Ketua KPU Banyumas Aan Rohaeni SH, mengatakan, dua balon yang telah memastikan mendaftar pada hari terakhir ini adalah pasangan Mardjoko-dr Gempol Suwandono yang diusung Golkar, Hanura dan beberapa parpol kecil serta pasangan Achmad Husein-dr Budhi Setiawan yang diusung PDIP dan PPP.

Rencananya, kata Aan, dua balon tersebut masing-masing akan mendaftar pukul 09.00 wib dan 17.00 wib. "Kemungkinan pada hari terakhir pendaftaran ini akan ada satu lagi (balon) yang akan mendaftar," katanya, kemarin (24/11). Pasalnya, beberapa parpol seperti Demokrat, PKB, PAN, Gerindra  dan beberapa parpol lainya, ujar Aan, semakin intens melakukan komunikasi dengan KPU.

Ia menuturkan, semua parpol telah mengambil formulir pendaftaran. "Mereka (parpol, red) memastikan tanggal terakhir pendaftaran dan menanyakan syarat wajib yang harus dipenuhi," tuturnya. Persyaratan yang wajib diserahkan pada saat pendaftaran adalah dokumen pencalonan yang berisi tiga item.

Pertama, terang Aan, adalah surat pernyataan gabungan parpol pengusung balon. "Persayaratan itu harus dipenuhi, karena untuk menghitung jumlah minimal 15 persen dari kursi di DPRD sebagai syarat mengusung calon," tuturnya. Kemudian, surat pernyataan tidak akan menarik balon dan surat pernyataan kesediaan pencalonan. Aan menuturkan, hari terakhir pendaftaran ini akan ditutup pukul 00.00 wib.

Sementara itu, bakal paslon independen Toto-Dirgantoro-Saefudin (Toto-Sae), kemarin (24/11), menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Banyumas. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Banyumas mulai pukul 08.00 wib  hingga pukul 14.30 wib.

Kedatangan Toto-Sae ke RSUD Banyumas didampingi oleh para pendukung, simpatisan dan tim sukses. Toto-Sae menjadi balon bupati pertama yang melakukan pemeriksaan kesehatan.

Salah satu tim dokter yang melakukan pemeriksaan, dr Priyo Sapto Utomo, menuturkan, beberapa tes yang dilakukan adalah tes fisik, tes laboratorium, MMPI dan radiologi. "Pemeriksaan tersebut dilakukan oleh dokter ahli syaraf, Mata, THT, jantung dan penyakit dalam," ujarnya, kemarin (24/11).

Hasil pemeriksaan tersebut baru akan diumumkan senin pekan depan (3/12). "Hasil pemeriksaan belum bisa kami berikan karena itu menjadi rahasia kami dan KPU," imbuhnya. Rencanaya, di tempat yang sama, selasa (27/11), giliran bakal paslon independen Anteng Tjahyadi-Dwi Basuki (Oyong-Uki) akan menjalani pemeriksaan kesehatan.

KPU Banyumas memberikan kelonggaran kepada masing-masing balon untuk menentukan sendiri waktu pemeriksaan kesehatan. (fdl)


BACA ARTIKEL LAINNYA... Surya Paloh Disarankan Tetap jadi King Maker NasDem

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler