Hari kedua TC, Hanya 10 Pemain

Dua Pemain Persebaya Tak Gabung

Sabtu, 02 Juni 2012 – 08:19 WIB

JAKARTA-Semangat pemain untuk memenuhi panggilan pemusatan latihan (TC) timnas jelang uji coba lawan Filipina  5 Juni mendatang kurang besar. Terbukti, sampai TC hari kedua, kemarin (1/6), baru 10 pemain yang terlihat dalam latihan sore di lapangan timnas, Senayan, Jakarta.

Jumlah itu masih separo dari jumlah 20 pemain yang harusnya sudah bergabung sejak 31 Mei lalu di Jakarta. Kondisi itu pula yang membuat program latihan taktik dan strategi yang harusnya sudah bisa diterapkan oleh pelatih Nil Maizar  tak berjalan maksimal.

"Saya sudah memberiakn rekomendasi 20 pemain untuk dipanggil.  Urusan mereka datang atau tidak, itu menjadi tanggung jawab manajemen timnas," ujarnya saat ditemui usai melakoni sesi latihan kemarin sore.

Meski ada sepuluh pemain di lapangan, sejatinya hanya sembilan pemain yang ikut melakoni latihan. Jumlah itu pun tak sama dari awal latihan karena dari awal haya ada enam pemain yang datang. Tiga pemain lainnya datang terlambat. Namun, tak ada tindakan apapun dari pelatih walaupun pemain itu datang terlambat.

Satu muka pemain Indonesia Super League (ISL) juga terlihat dalam latihan kemarin. Pemain Persipura Titus Bonai yang mangkir dari klub saat mengikuti turnamen AL Nakbah dui Palestina Mei lalu kembali terlihat di lapangan timnas. "Tibo tidak latihan dulu. Dia baru tiba di Jakarta," terang mantan pelatih klub Semen Padang tersebut.

Saat disinggung tentang kedatangan sisa pemain lainnya, Nil menyebut paling lambat mereka datang pada malam ini. Dia juga menegaskan bahwa dua pemain asal ISL lainnya, Patrrich Wanggai (Persidafon Dafonsoro) dan Oktovianus Maniani (Persiram Raja Ampat) akan kembali bergabung.

Dengan terlambat bergabungnya pemain dalam pemusatan latihan, Nil menilai anak didiknya tak akan   bermasalah dengan kebugaran fisik. Hanya, dia sedikit mengkhawatirkan kekompakan pemain di atas lapangan yang masih belum lama bergabung.

"Meski hanya uji coba. Ini adalah laga penting. Kami harus tampil dengan tim terbaik, karena ini adalah kerangka untuk tim yang akan ampil di Piala AFF November," tutur pelatih berkumis tersebut.

Sementara itu, penanggung jawab timnas, Bernhard Limbong yang dikonfirmasi terpisah terkait kurang lengkapnya kondisi tim enggan berbicara banyak. Dia menegaskan bahwa  pihaknya telah melakukan komunikasid engan klub mengizinkan pemain yang dipanggil untuk segera bergabung dengan timnas.

"Kalau yang tidak datang itu, ada beebrap pemain yang cedera. Seperti adri Persiba (Bantul), Persija, atau klub yang lain," terangnya. Dia yakin, pada hari ini pemain sudah tergabung di Pelatnas sebelum bertolak ke Filipina, besok (3/6) pagi.

"Lihat besok ya, saya yakin pemain sduah akan bergabung semua. Ada yang baru memperkuat timnya juga kan. Ada juag pemain yang langsung terbang ke Filipina tanpa ke Jakarta karena timnya main," tandasnya.

Sementara itu, dua pemain Persebaya yang dipanggil timnas ke Jakarta memilih tak berangkat. Meski mendapat lampu hijau dari klub, dengan alasan fokus ke tim Taufik dan Endra Prasetya urung berangkat.

"Pihak klub mengizinkan mereka. Namun soal ke Jakarta atau tidak, itu keputusan mereka pribadi," tutur manajer Persebaya Saleh Hanifah.

Menurut Saleh, tenaga keduanya memang sangat dibutuhkan oleh Persebaya jelang laga lawan Persija Jakarta besok (3/6). Persebaya yang mengejar posisi dua besar di klasemen akhir tak ingin lagi kehilangan poin di kandang. (aam/dra)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Hukuman Terry Ditambah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler