Hashim Resmikan Forum Masyarakat Indonesia Emas, PATRIA Bergabung

Minggu, 04 Agustus 2024 – 07:18 WIB
Ketua Umum DPP Perkumpulan Alumni Margasiswa Republik Indonesia (PATRIA) Agustinus Tamo Mbapa dan Sekjen DPP Patria Septyarini pada acara peresmian Forum Masyarakat Indonesia Emas (Formas) di Auditorium RII, Jakarta, Sabtu (3/8/2024). Foto: Kominfo DPP Patria

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah organisasi kemasyarakatan yang tergabung dalam Forum Masyarakat Indonesia Emas (Formas) resmi terbentuk.

Hashim Djojohadikusumo didaulat sebagai Ketua Dewan Pembina Forum Masyarakat Indonesia Emas (FORMAS).

BACA JUGA: Pimpin Formas, Yohanes Handojo Bakal Mengawal Program Prabowo

Menurut Hasjim, pembentukan forum ini sebagai wujud kepedulian masyarakat atas nasib bangsa.

“Organisasi-organisasi yang tergabung dalam forum ini menjadi pengawal, pemantau, sekaligus pengawas program-program yang akan dilaksanakan pemerintahan Prabowo - Gibran,” ujar Hashim Djojohadikusumo saat sambutan pada acara peresmian Forum Masyarakat Indonesia Emas (FORMAS) di Auditorium RRI, Jakarta, Sabtu (3/8/2024).

BACA JUGA: Ketum PATRIA Menyampirkan Kain Khas Sumba di Bahu Hashim Djojohadikusumo

Ketua Dewan Pembina Forum Masyarakat Indonesia Emas (FORMAS) Hashim Djojohadikusumo saat sambutan pada acara peresmian FORMAS di Auditorium RRI, Jakarta, Sabtu (3/8/2024). Foto: Dok. DPP PATRIA

BACA JUGA: Bertemu Ketua KWI, DPP Patria Bahas Sejumlah Agenda Strategis Termasuk Kedatangan Paus Fransiskus

Hashim berharap tidak ada korupsi. Namun, kata dia, kita harus realistis. Kalau tidak diawasi, koruptor dan calon koruptor mungkin mengganggu program-program pemerintah.

Ketua Umum FORMAS Yohanes Handojo Budisedjati mengatakan pemerintah tidak boleh bekerja sendiri. Peran aktif masyarakat yang dihimpun dalam kelompok organisasi-organisasi kemasyarakatan harus diakomodasi sebagai upaya bersama meningkatkan kesejahteraan warga bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Handojo, yang juga Ketua Vox Point Indonesia ini mengungkapkan hingga saat diresmikan, sudah 21 organisasi masyarakat dan komunitas yang bergabung.

Ketua Umum DPP Perkumpulan Alumni Margasiswa Republik Indonesia (PATRIA) Agustinus Tamo Mbapa mengapresiasi berdirinya FORMAS.

“Kami sangat mendukung pengawalan terhadap jalannya pemerintahan baru. Harapan kami, forum ini menjadi penyalur aspirasi dan solusi dari kelompok masyarakat atas program-program yang dijalankan pemerintah,” ujar Gustaf sapaan Agustinus Tamo Mbapa.

Peresmian Forum Masyarakat Indonesia Emas berlangsung di Auditorium RRI Jakarta, dilanjutkan Dialog Nasional bertajuk "Program Makanan Bergizi Wujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas 2024".

Sehari sebelumnya, para pimpinan organisasi yang tergabung dalam FORMAS telah bertemu Hashim Djojohadikusumo untuk menyampaikan deklarasi berdirinya FORMAS.

Dalam kesempatan tersebut, Gustaf yang juga masuk dalam jajaran Dewan Penasihat FORMAS, menyampirkan kain khas Sumba di bahu Hashim Djojohadikusumo. Hal itu melambangkan dukungan terhadap pemerintahan Prabowo - Gibran yang segera resmi bekerja.(fri/jpnn)


Redaktur & Reporter : Friederich Batari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler