Hasil Klarifikasi di PDIP, Pengakuan Effendi Simbolon Mengejutkan

Senin, 10 Juli 2023 – 16:24 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) di kantor parpolnya, Jakarta Pusat, Senin (10/7). Dokumen DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan hasil klarifikasi terhadap rekannya separpol Effendi Simbolon mengungkapkan bahwa legislator Komisi I DPR RI itu bekomitmen memenangkan Bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo.

Diketahui, Dewan Kehormatan PDIP di kantor parpol mereka pada Senin (10/7) ini melayangkan klarifikasi terhadap Effendi Simbolon.

BACA JUGA: Apakah Effendi Simbolon Dapat Sanksi dari PDIP? Hasto Bilang Begini

Effendi diklarifikasi menyusul kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI).

Adapun, kegiatan tersebut dihadiri Bakal Capres 2024 dari Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto.

BACA JUGA: Effendi Simbolon Telah Diklarifikasi akibat Dukung Prabowo, Hasto Ungkap Hal yang Melanggar UU

Selain itu, klarifikasi dilakukan menyusul munculnya narasi Effendi mendukung Prabowo sebagai pemimpin Indonesia ke depan.

Menurut Hasto, klarifikasi Dewan Kehormatan DPP PDIP kepada Effendi membuat partai mengetahui Prabowo diundang hadir di acara PSBI dalam kapasitas sebagai Menhan RI.

BACA JUGA: Cari Bakat Baru, Effendi Simbolon Gandeng PARBI Gelar Festival Mangardang 2023

"Pak Prabowo diundang dalam kapasitas sebagai menteri pertahanan yang semula akan berbicara tentang aspek-aspek bela negara," kata dia setelah proses klarifikasi terhadap Effendi di kantor PDIP, Jakarta Pusat, Senin (9/7).

Hasto juga mengatakan hasil klarifikasi menegaskan Effendi tetap berkomitmen memenangkan Ganjar sebagai Presiden RI.

Sebab, kata Hasto, penetapan Ganjar menjadi Bakal Capres 2024 menjadi keputusan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Akan berjuang di dalam memenangkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung oleh PDI Perjuangan bersama dengan partai-partai lain," kata dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu.

Hasto bahkan mengatakan selama klarifikasi Effendi turut menyoroti kebijakan pembelian pesawat bekas dari Qatar era Prabowo yang berpotensi melanggar peraturan.

"Pak Effendi menyampaikan hal-hal yang bersifat objektif dan itu dilakukan dengan penuh pertanggungjawaban sebagai sosok yang lama berkecimpung di Komisi I, sehingga bisa memahami mana kebijakan pertahanan dalam pengadaan alutsista yang tepat, mana yang tidak tepat," ujar dia.

Hasto juga mengatakan Effendi hingga saat ini masih berstatus kader PDIP dan tetap berdisiplin menjalankan kebijakan organisasi.

"Terkait dengan ada isu-isu Pak Effendi mau ke partai lain, itu juga sama sekali tidak benar, karena sekali merah tetap merah," ungkap pria kelahiran Yogyakarta itu. (ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler