Hasil Survei Median: Elektabilitas Gibran Rakabuming Bukan yang Teratas

Senin, 16 Desember 2019 – 17:37 WIB
Gibran Rakabuming Raka. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Median membeber hasil survei terkait elektabilitas para kandidat yang berpotensi maju di Pilwalkot Solo 2020.

Dari survei Median bisa terlihat bahwa putra sulung Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming Raka bukanlah kandidat yang memiliki elektabilitas teratas.

BACA JUGA: Isyarat Puan Maharani untuk Pencalonan Putra Sulung Jokowi

Direktur Utama Median Rico Marbun menuturkan, elektabilitas Gibran masih kalah dibandingkan kandidat lainya yang juga berstatus sebagai Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo.

Mengacu survei Median pada 3-9 Desember 2019, elektabilitas Purnomo menyentuh angka 45,0 persen. Di sisi lain, Gibran hanya mendapatkan 24,5 persen.

BACA JUGA: Pernyataan Terbaru Jokowi soal Gibran Maju di Pilkada Solo

"Pak Purnomo masih teratas, disusul kemudian Gibran," ucap Rico di Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12).

Setidaknya beberapa alasan yang membuat elektabilitas Purnomo lebih tinggi ketimbang Gibran. Purnomo dianggap memiliki pengalaman dan merakyat. Di sisi lain, responden yang memilih Gibran karena alasan muda dan anak dari Jokowi.

BACA JUGA: Jokowi Jengkel, Dari Lima Rencana, Satu pun Enggak Ada yang Jalan

"Namun, masyarakat masih lebih memilih Purnoko karena ia dianggap berpengalaman oleh 42,5 persen, merakyat 8,3 persen, dan belum ada calon lain 6,1 persen," ucap Rico.

Dari sisi popularitas, Gibran pun masih kalah dibandingkan Purnomo. Survei Median menyatakan bahwa Purnomo memiliki tingkat popularitas sebesar 94 persen, sedangkan Gibran hanya 82,3 persen.

"Keduanya mendapatkan presentase di atas 50 persen. Achmad Purnomo 94 persen dan Gibran 82,3 persen," timpal Rico.

Sebagai informasi, Median melakukan survei terkait pemilihan Wali Kota Solo pada 3 sampai 9 Desember 2019.

Survei tersebut dilakukan terhadap 800 responden dengan menggunakan multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen. Selain itu, survei ini juga memiliki tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (mg10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler