Hasil Survei Terbaru: Enam Parpol Diprediksi Tidak Lolos Parliamentary Threshold

Sabtu, 13 April 2019 – 15:25 WIB
Peneliti LSI Ardian Sopa memaparkan survei terkini di Jakarta, Jumat (12/4) tentang 'Siapa Presiden RI 2019 - 2024? Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA membeber elektabilitas yang partai politik peserta pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Dari hasil survei, enam partai sulit melenggang ke Senayan karena rentang elektabilitas di bawah 4 persen sebagai syarat lolos parliamentary threshold atau ambang batas minimal perolehan kursi di parlemen.

"Catatan kami, terdapat enam partai peserta Pileg yang sangat sulit lolos ke parlemen," kata peneliti LSI Denny JA Ikrama Masloman di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Sabtu (13/4).

BACA JUGA: Perindo Berpeluang Besar ke Senayan, 3 Partai Baru Butuh Keajaiban

BACA JUGA: Mantan Kasal Kritik Prabowo Subianto Karena Sebut TNI Lemah

Catatan LSI Denny JA, enam partai yang tidak lolos ke parlemen yakni Hanura (dengan rentang elektabilitas 0,5 persen-3,2 persen), PBB (0,5-3,2 persen), PSI (0,5-3,2 persen), Partai Berkarya (0,5-3,2 persen), Partai Garuda (0,4-2,6 persen), PKPI (0,3-2,3 persen).

BACA JUGA: Peringkat Parpol Hasil Survei LSI Denny JA: Perindo di Atas PAN, PPP, Nasdem

"Keenam partai ini perlu upaya big bang untuk lolos ke parlemen. Big bang yang kami maksud itu harus melakukan langkah besar. Karena selisih masih jauh untuk lolos parliamentary threshold," ucap dia.

Di sisi lain, hasil LSI Denny JA memotret lima partai yang berpeluang sangat besar menuju Senayan. Sebab, lima partai itu memiliki rentang elektabilitas di atas 4 persen.

BACA JUGA: Survei LSI Denny JA Ungkap Penyebab Elektabilitas PSI Jeblok

"Kami mencatat lima bakal lolos dengan tiga besar partai pemilik suara elektabilitas tertinggi yakni PDIP, Gerindra dan Golkar," ucap dia.

Temuan LSI Denny JA lima partai yang akan lolos ke DPR yakni PDIP (26,7-31,1 persen), Gerindra (13,4-17,8 persen), Golkar (11,5-15,9 persen), Demokrat (4,6-9,0 persen), dan PKB (4,5-9,0 persen).

Terakhir, kata dia, terdapat lima partai yang masih berpeluang lolos ke parlemen meskipun rentang bawah elektabilitas di bawah angka 4 persen.

"Artinya lima ini masih rawan. Rentang bawah elektabilitas partai ini masih di bawah 4 persen. Meski begitu, lima partai ini juga berpeluang ke Senayan," ucap dia.

Hasil survei LSI Denny JA menyatakan lima partai yang masih berpeluang lolos yakni PKS (3,8-8,2 persen), Nasdem (3,5-7,9 persen), Perindo (2,3-6,7 persen), PPP (1,9-6,3 persen), dan PAN (1,4-5,8 persen).

"Lima ini harus bekerja lagi agar tidak tergelincir," pungkas dia.

LSI Denny JA menggelar survei pada 4 sampai 9 April 2019 dengan menggunakan metode multistage random samping.

Survei ini melibatkan 2.000 responden yang memiliki hak suara di Pileg 2019. Survei dilakukan dengan cara tatap muka menggunakan responden.

Survei ini memiliki margin of error sekitar 2,2 persen. Oleh peneliti LSI Denny JA, angka margin of error, undecided voters, golput, dan swing voters, telah dimasukkan ke elektabilitas partai secara proporsional.(mg10/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Survei Terbaru LSI Denny JA: 5 Parpol Berpeluang Besar Lolos ke Senayan


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler