Hasil Survei Terbaru SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Prabowo, Anies Ketiga

Senin, 28 Februari 2022 – 18:22 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru.

Hasilnya menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungguli Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakata Anies Baswedan. 

Sebanyak 19,9 persen pemilih kritis bakal memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bila pemilihan presiden (pilpres) digelar pada saat ini. 

"Ganjar 19,9 persen, Prabowo 10,4 persen, dan Anies 9,8 persen," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam paparan hasil survei SMRC yang diperoleh JPNN.com, Senin (28/2). 

Namun, dia mengungkapkan, sebanyak 45,7 persen responden yang tidak menjawab atau masih merahasiakan pilihannya dalam survei ini. 

Tak hanya itu, Deni mengatakan pihaknya menemukan Ganjar juga unggul dalam simulasi semi terbuka atau hanya menyediakan 29 nama capres potensial 2024.  

Elektabilitas Ganjar berada di 26,8 persen, meninggalkan jauh Anies di posisi dua dengan 13,9 persen, serta Prabowo di posisi tiga dengan 13,7 persen. 

"Sejak April 2021 Ganjar konsisten berada di urutan teratas, sementara Anies dan Prabowo bersaing ketat memperebutkan posisi kedua setelah Ganjar," kata Deni. 

Deni mengungkapkan dukungan pemilih kritis kepada Ganjar dalam simulasi semi terbuka naik dari 7,7 persen pada Mei 2020 menjadi 26,8 persen pada survei terakhir 8 hingga 10 Februari 2022. 

Survei SMRC sendiri dilakukan pada 8 sampai 10 Februari 2022 terhadap sampel sebanyak 1.268 responden yang dipilih secara acak dan diwawancarai lewat telepon. 

SMRC menyebut seluruh responden yang dihubungi via telepon ialah pemilih kritis, yaitu kelompok masyarakat yang cenderung punya kesempatan lebih besar untuk mendapat informasi sosial-politik dibanding yang tidak punya telepon. 

Survei yang dilakukan oleh SMRC ini memiliki margin of error sekitar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.(mcr8/jpnn)

BACA JUGA: Dukung Anak-anak Pejuang Kanker, Ganjar Pranowo Siap Gundul


Redaktur : Friederich
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler